//
Menu

26 Nov 2016, 16:02 WIB

Asyiknya Fishing Adventure di Situ Kadaung Kabupaten Sukabumi

Salah satu pengunjung tengah memancing ikan di Situ Kadaung. | Sumber Foto:Wiltop

SUKABUMIUPDATE.COM - Potensi alam Kabupaten Sukabumi, seakan tak ada habisnya untuk dinikmati. Bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir pekan, Situ Kadaung di Desa Pagelaran, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, bisa menjadi pilihan Anda sekeluarga.

Akhir pekan kali ini, sukabumiupdate.com menyuguhkan panorama dan kesejukan Situ Kadaung yang berada di tengah pemandangan alam yang memesona. 

Dari Kota Sukabumi, Anda membutuhkan waktu sekira satu jam untuk bisa sampai ke kawasan ini. Lokasinya, cukup dikenal warga sekitar, sehingga Anda tidak akan kesulitan jika bertanya saat sudah berada di kota Kecamatan Purabaya.  

Sepanjang perjalanan pun, Anda disuguhi pemandangan alam yang menawan, dan hijaunya tanaman dari lahan perkebunan di sepanjang kawasan itu. Oh ya, sebelum berangkat, disarankan membawa bekal, atau membelinya setiba di pusat kota kecamatan, karena di kawasan Situ Kadaung ini masih jarang ditemui pedagang.

Memasuki kawasan Situ Kadaung, Anda akan disambut dengan rumah-rumah panggung milik warga. Karena kawasan wisata ini belum tereksplor secara baik, namun rasa lelah Anda dijamin bisa terobati saat sudah sampai tujuan. Hamparan air seluas kurang lebih tiga hektar, akan menjadi pemandangan yang memikat mata.

Latar belakang perbukitan di areal perkebunan teh yang mengelilingi Situ Kadaung, cukup pas untuk melakukan swafoto (selfie). Suasana pun kian lengkap dengan semilir angin dan sejuknya udara sekitar. Dijamin akan membuat Anda betah menikmati dan berjalan-jalan menyusuri sekeliling bibir situ.

"Luar biasa, tak menyangka ada pemandangan yang indah di tengah perkebunan ini. Pokoknya rasa lelah saya tergantikan, cakep banget panoramanya, keren," ungkap Gungun Gunawan (40), warga Kota Sukabumi yang sengaja berwisata ke situ ini bersama keluarganya. 

Tidak hanya menikmati pemandangan, bagi Anda pehobi mancing mania, Situ Kadaung bisa menjadi pilihan wisata mancing di alam bebas alias fishing adventure. Kawasan ini memiliki berbagai ikan air tawar yang menjadi magnet bagi wisatawan untuk melempar tali joran, kemudian menikmati sensasi tarikan strike ikan di Situ Kadaung. 

Kepala Desa Pagelaran, E. Nuryadi mengaku, jika potensi Situ Kadaung berada di atas tanah milik desa. Aset Situ Kadaung sendiri diakui sang kepala desa, tidak hanya menjadi lokasi wisata, tetapi juga menjadi sumber kehidupan, karena air Situ Kadaung juga dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian milik warga. 

"Jujur, kita butuh dorongan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah, agar potensi ini dapat menjadi potensi ekonomi masyarakat. Selama ini kami sudah ajukan permohonan, namun sayang semua belum terealisasi. Padahal potensi ini cukup baik," ungkap Nuryadi. 

Karena itu, dengan berbagai kekuatan dan kemampuan seadanya, Situ Kadaung dikelola dalam kondisi seadanya. Termasuk pendirian dazebo dan fasilitas umum seperti tempat ibadah, tempat sampah, lahan parkir dan toilet bagi para wisatawan, masih seadanya. Sehingga potensinya belum dapat tertata dan dimaksimalkan secara ekonomi.

"Kami berharap melalui berbagai media, ada pihak, yang mau berinvestasi ataupun kerjasama, agar kebaradaannya mampu menjadi sarana wisata keluarga dan pendidikan. Tentu ke depan, Situ kadaung diharapkan menjadi aset yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkasnya.

Reporter : WILTOP/Kontributor
Redaktur : Anisa Siti Rizkia
Sumber : Wiltop
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

Hari Bebas Ongkir...

Oleh: dindasifa26@gmail.com – Netizen  Selamat Hari Guru Nasional (HGN) 2020. Semenjak pandemi Covid-19 meruak di Indonesia, semua aktivitas yang mengharuskan untuk berkerumun atau berkumpul dikurangi, bahkan dihentikan. Termasuk Kegiatan Belajar...

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sukabumi secara kelembagaan menyampaikan klarifikasi dan permintaan maaf atas beredarnya video yang salah satunya menyebut LSM dan Media mengobok-ngobok kepala...

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas Percepatan Penanganan (STPP) Covid-19 Kota Sukabumi kembali mencatat adanya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia. Berdasarkan data yang diberikan kepada awak media pada Rabu (25/11/2020),...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya