//
Menu

20 Nov 2016, 16:28 WIB

Ini Sungai Terpendek di Sukabumi, Mungkin Juga di Indonesia, Bahkan Dunia

Aliran sungai didekat bibir Pantai Minajaya Surade. | Sumber Foto:dok.Bayu Aribandar

SUKABUMIUPDATE.COM - Umumnya panjang sebuah sungai mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer. Tapi belum lama ini dibibir Pantai Minajaya, Desa Pasir Ipis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ditemukan sungai yang panjangnya kurang dari 20 meter. Jarak antara hulu dan hilirnya tidak lebih dari 20 meter, karena mata air yang berbentuk sumur berada dibibir pantai.

Warga sekitar mengklaim, sungai ini adalah yang terpendek di Sukabumi, mungkin Indonesia, bahkan dunia. Airnya tak henti terus mengalir yang keluar dari sumber air bawah tanah atau dalam bahasa masyarakat sekitar disebut cai ciburial.

"Meski air laut pasang hingga menghilangkan aliran sungai, saat surut airnya kembali terpisah menjadi tawar lagi layaknya air sungai,” jelas warga sekitar Pantai Minajaya, Bayu Aribandar (43) kepada sukabumiupdate.com, Minggu (20/11).

Kondisi air sungai itupun ungkap Bayu cukup jernih seperti halnya sungai dari mata air pegunungan. Tak heran, masyakarakat sekitar yang mengetahui keberadaan sungai terpendek tersebut memanfaatkannya untuk kebutuhan mandi dan kebutuhan lainnya.

Selain jernih, arus air sungai yang belum dinamai itu juga cukup deras dengan debet air yang stabil walaupun musim kemarau. “Harus ada penelitian lebih lanjut dari pihak terkait akan kandungan pH-nya sejauh mana, karena sungai tersebut bisa jadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Sebagai cacatan, sungai terpendek di dunia sebelumnya juga berada di Indonesia, yaitu Sungai Tamborasi, terletak di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sungai Tamborasi yang juga berada di pinggir pantai ini memiliki panjang dari hulu ke hilir 20 meter.

Jika penasaran tinggal berangkat aja dan lihat sendiri ke Pantai Minajaya, Desa Pasir Ipis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Sekadar informasi, pH adalah kepanjangan dari pangkat hidrogen atau power of hydrogen, merupakan tingkatan asam basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 s/d 14. Tinggi rendahnya pH air sangat dipengaruhi oleh kandungan mineral lain yang terdapat dalam air. pH air standar adalah 7 s/d 8,5 . pH Air di bawah 7 disebut asam, sedangkan diatas 8,5 disebut basa.

Reporter : IRWAN KURNIAWAN
Redaktur : FIT NW
Sumber : dok.Bayu Aribandar
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dua remaja asal hilang saat berenang di Bendungan Cikanteh aliran Sungai Cikanteh Kampung Cikanteh RT 02/01 Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/11/2020). Perangkat Desa Ciwaru, Jajang...

SUKABUMIUPDATE.com - Para nelayan di Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi mengaku cukup khawatir setelah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo kena OTT KPK. Bukan tanpa alasan, para nelayan sebelumnya dilarang menangkap...

SUKABUMIUPDATE.com – Ucapan hari guru nasional 2020 memenuhi beranda media sosial. Akun-akun tim pemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Sukabumi di Pilkada Sukabumi ikut menampilkan flyer ucapan hari...

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan kegiatan sarasehan dan gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri atau GP3M. Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Guru, Rabu (25/11/2020) ini dilaksanakan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya