//
Menu

14 Nov 2020, 05:30 WIB

Layur Bakar Khas Ujung Genteng Sukabumi, Cocok Dinikmati di Pinggir Pantai

Layur bakar khas Ujung Genteng, Sukabumi. | Sumber Foto: Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Nelayan sedang semringah menghadapi musim ikan layur di Perairan Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Seringkali ikan layur hasil tangkapan nelayan ini dijual atau bahkan dikonsumsi. 

Nah, untuk Anda pecinta kuliner pasti sudah tak asing lagi dengan ikan tersebut. Seringkali, wisatawan yang datang ke Ujung Genteng memesan sajian ikan layur ini dengan aneka olahan.

"Layur Pantai Ujung Genteng memiliki cita rasa yang berbeda dengan layur yang lainnya. Apalagi saat masih segar atau dadakan, cocoknya dibakar," kata Ucha (42 tahun) warga Kampung Ujung Genteng kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (13/11/2020).

BACA JUGA: Beragam Olahan Yuyutuk, Undur-undur Laut dari Tegalbuleud Sukabumi

Ucha menyebut, cara membuat layur bakar ini cukup sederhana dan tak memakan waktu lama. Paling 10-15 menit, bakar ikan layur sudah bisa disantap.

"Semua orang juga pasti bisa, karena memang tidak ribet. Makanya banyak yang suka. Warung-warung atau villa yang ada di Ujung Genteng juga pasti menyajikan," kata Ucha lagi.

"Untuk pengolahan ikan layur memang variatif tergantung selera. Akan tetapi kalau di pesisir pantai, lebih cocok dibakar dengan nasi liwet, sambal cobek atau sambal kecap. Ikan layur segar biasanya pagi hari, saat para nelayan mendarat," pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak jenis makanan yang tidak sehat dan orang tidak bisa menahan diri untuk tidak memilikinya. Ini terjadi karena kecanduan makanan. Dilansir dari Tempo.co, ini terutama terjadi pada...

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal serumah dengan orang yang positif Covid-19 bisa membuat khawatir dan stres. Meskipun penting untuk merawat yang sakit, orang juga perlu menjaga kesehatan sendiri karena mungkin saja...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan asrama haji akan menjadi tempat untuk karantina jemaah umrah sebelum berangkat. Ia menyebut lamanya karantina maksimal tiga hari. "Karena memang kita sudah sepakat...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) nomor 22 tahun 2020 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya