//
Menu

25 Okt 2020, 16:35 WIB

Kembang Goyang dari Pajampangan Sukabumi, Cemilan Jadul Bikin Kangen

Kue Kembang Goyang atau Kue Kerewel buatan warga Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pecinta kuliner tradisional sudah pasti tak asing lagi dengan cemilan yang satu ini, namanya kue Kembang Goyang. Warga Pajampangan Kabupaten Sukabumi, menyebutnya kue Kerewel.

Kue dengan bahan dasar tepung beras, tepung terigu tersebut dipadukan dengan santan, telor, gula, serta wijen sebagai toppingnya, biasa ditemui di hari raya Idul Fitri atau saat warga mengadakan hajatan.

"Kalau di Sunda namanya Kerewel. Ada dua varian rasa, asin dan manis," ujar Ratna Nana (31 tahun) pembuat Kue Kerewel asal Kampung Bantarjati RT 34/09 Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampang Tengah, saat diwawancarai, Minggu (25/10/2020).

BACA JUGA: Dadar Gulung Polkadot Jampang Tengah Sukabumi, Gimana Rasanya Ya?

"Ini kue jadul tapi ngangenin. Cara membuatnya juga tidak sulit. Bahan-bahan diaduk semua, terus kita panasin cetakan di minyak panas dalam wajan. Terus dicelup ke adonan kemudian dicelupin ke wijen dulu, baru masukin ke minyak panas sampai adonan bisa lepas sendiri sambil di goyang-goyang sesekali biar cepet lepas dari cetakannya," kata Nana.

"Cukup sederhana cara membuatnya. Warga Pajampangan sudah banyak yang bisa membuat kue kembang goyang," terangnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - PT Kereta Api Indonesia membuka pemesanan tiket kereta api jarak jauh dari Jakarta untuk periode H+30 atau hingga 31 Desember 2020. Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi 1...

SUKABUMIUPDATE.com - Adjo Sardjono, calon Bupati Sukabumi nomor urut 1 dirawat di RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/11/2020). Dalam beberapa foto yang diterima sukabumiupdate.com, Minggu malam, memperlihatkan Adjo sempat...

SUKABUMIUPDATE.com - Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 112 Tahun 2020 yang diteken pada 26 November 2020 secara resmi membubarkan 10 lembaga nonstruktural. 10 lembaga tersebut antara lain Dewan Riset Nasional, Dewan...

SUKABUMIUPDATe.com - Petunju legendaris Mike Tyson berjanji untuk naik ring lagi setelah duel delapan ronde melawan Roy Jones Jr di Staples Center Los Angeles, Sabtu berakhir imbang. "Saya bisa melakukan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya