Rupa-rupa Menu Seafood Khas Pesisir Selatan Kabupaten Sukabumi, Bisa Dimasak di Rumah

Sabtu 27 Juni 2020, 04:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan pantai di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi menjadi daya tarik wisatawan hingga kini. Pantai-pantai yang masuk kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini masih menjadi primadona hingga kini.

Tapi jangan sekedar menikmati keindahan pantainya saja, sekalian coba kuliner olahan lautnya seperti tumis gurita, siput laut bakar lobster kemudian tumis kepiting. 

Istimewanya, kita bisa juga membuatnya dirumah karena cara memasaknya cukup sederhana, jadi tinggal beli bahan-bahannya dan bumbu. 

Lalu apa saja olahan laut yang sedap dari daerah pesisir di selatan Kabupaten Sukabumi itu? yuk simak.

Si Pedas Gurih dan Kenyal Tumis Gurita Ujung Genteng 


Hal yang terlintas pertama kali saat mendengar nama Pantai Ujung Genteng adalah tempat konservasi penyu. Memang selain bisa menikmati keindahan pantainya, wisatawan juga bisa menyaksikan tukik atau anak penyu dilepas ke laut bebas. 

Tapi lebih dari masyarakat Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi disebut Guripa. Guripa menjadi sajian yang menggugah selera, dengan cara dimasak dibakar atau ditumis. Untuk cara memasaknya, guripa terlebuh dulu direbus selama lima menit yang tujuannya agar guripa mudah dipotong-potong. 

Warga Ciracap punya rahasia apabila ingin olahan gurita ini lebih gurih saat disajikan yaitu tinta dalam gurita jangan dibuang. "Tintanya boleh dibuang atau sebagian dimasak. Kalau ingin lebih gurih, tinta dalam guripa tidak dibuang semuanya, cuma nantinya akan tampak agak hitam," ucap warga Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap, Nina Herlina (39 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (14/3/2020).

Untuk bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, serai digeprek, jahe, lengkuas, daun salam atau bisa juga pakai daun jeruk purut. Persiapkan juga penyedap rasa, lada, gula, garam, kecap manis, saus tiram dan air putih setengah gelas.  Waktunya memasak! Panaskan minyak goreng lalu masukan bumbu-bumbu tadi. Setelah tercium harum, baru masukan gurita yang sudah dipotong potong. 

Sambil ditumis, sambung Nina, baru masukan garam, gula, lada dan kecap manis secukupnya. Kemudian tambahkan air putih. "Tunggu beberapa menit sampai airnya surut, lalu siap dihidangkan jadi Guripa atau Gurita Tumis," pungkas Nina.

Sedapnya Mata Lembu dari Ujung Genteng Sukabumi

Warga di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, menyebut siput laut yang diperoleh warga dari perairan sekitar Pantai Ujung Genteng ini dengan nama Mata Lembu.

Biasanya warga berburu mata lembu saat ombak surut, baik malam hari maupun pada waktu siang. Tidak ada alat khusus untuk mendapatkan Mata Lembu, cukup dipungut di pantai atau dicokel di batu karang. 

Salah satu penikmat Mata Lembu asal Ciracap, Usman Kavien (40 tahun) menjelaskan, Mata Lembu bisa dimasak dengan cara ditumis, digoreng maupun dengan cara disate. "Tergantung selera, yang penting harus teliti dalam membersihkan bagian kotorannya," jelas Usman.

Yuk mulai memasak. Mata Lembu direbus sekitar 10 menit. Setelah itu angkat dan tiriskan beberapa menit sampai dingin. Lalu keluarkan Mata Lembu dari cangkangnya, lalu dibersihkan dan dicuci kembali. Selanjutnya dipotong sambil siapkan bumbu-bumbu yang diperlukan.

"Untuk tumis bumbunya, bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai merah dan garam secukupnya, terus ditumbuk halus. Tuangkan dalam wajan yang sudah terisi minyak goreng panas, lalu masukan Mata Lembu yang sudah bersih. Sekitar lima menit baru masukan bumbu penyedap dan gula merah secukupnya. Proses sampai matang diperkirakan sekitar 15 menit hingga bumbu meresap ke daging Mata Lembu," pungkasnya.

Bagi yang berminat untuk mengolahnya dirumah, sering kali warga menjual siput laut ini harganya sekitar Rp 15.000 per kilogram.

Lobster Pasir Bakar yang Begitu Menggoda

Berlibur ke Pantai Minajaya, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, tak cukup menikmati keindahan alamnya saja karena wisatawan juga wajib mencicipi masakan laut lobster pasir.

Ada beberapa cara mengolah lobster pasir yang memiliki warna tubuh yang lebih gelap dan terdapat bintik putih dari mulai kepala sampai pangkal ekor. Cara pertama itu lobster kukus, kemudin lobster rebus hingga lobster goreng. Akan tetapi lebih lezat kalau dibakar.

Untuk membuat lobster pasir bakar ada cara masak dan resepnya. Lobster yang akan dimasak dicuci bersih lalu dibelah tubuh bagian punggungnya. 

Untuk bumbu sediakan bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, muncang, salam, sereh dan pedes. Bumbu-bumbu tersebut ditumbuk halus lalu tambah garam, bumbu penyedap dan diaduk dicampur minyak goreng.

Lobster dibakar, setelah setengah matang dilumuri dengan bumbu tadi. Setelah benar-benar matang, sekitar 25 - 30 menit barulah diangkat dan siap dihidangkan dengan sambel saus tiram, saus tomat maupun sambal cobek.

Tumis Kepiting Racikan IRT Palabuhanratu, Rasanya Tak Kalah dengan Restoran


Kepiting menjadi salah satu dari banyak kekayaan laut Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Binatang bercangkang ini dicari nelayan untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari yang bercita rasa asam, pedas, manis, maupun gurih.

Maka jangan heran ketika sudah masuk ke restoran-restoran, harga satu porsi olahan kepiting ini bisa mahal. Tapi kalau ingin menikmati olahan kepiting yang nikmat tak perlu juga pergi restoran, karena warga Palabuhanratu punya resep rahasianya. Simak yuk.

Warga kampung Kaum Raya, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Anah Suhaenah (38 tahun) mengatakan, dimasak dengan cara apapun kepiting laut pasti enak, asalkan tahu racikan bumbu dan cara memasaknya. Untuk memasaknya, kepiting yang masih segar dibersihkan terlebih dahulu terutama dari pasir. 

Selanjutnya siapkan bumbu yang terdiri dari bawang merah dan bawah putih serta cabai rawit secukupnya. Bumbu tadi haluskan dengan cara diulek. "Bumbu tersebut digoreng sampai harum lalu tambahkan sedikita air. Selanjutnya kepiting yang sudah bersih dimasukan sambil diberi tambahan penyedap rasa," jelasnya.

Setelah bumbu dan kepiting diaduk, wajan penggorengan ditutup agar bumbu meresap ke dalam daging kepiting. "Tunggu 10 hingga 15 menit, sebelum kepting diangkat tambahkan irisan bawang daun dan bawang bombay, kalau sudah dirasa matang olahan kepiting siap disantap," terangnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati