Nangka Penyelamat Saat Covid-19, Mendunia Karena Rasanya

Rabu 27 Mei 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hijau, runcing dan dengan aroma manis yang kuat, itulah ciri fisik nangka. Tanaman ini dianggap tak berguna yang tumbuh di halaman belakang warga India. Dan banyak dijumpai di wilayah pantai selatan India. Kini menjadi populer di Barat bagi vegan dan vegetarian.

Dilansir dari tempo.co, sama halnya di Indonesia, nangka hanya tanaman sambilan. Bukan tanaman pokok yang dijadikan perkebunan buah. Namun, popularitas nangka, menjadikan India sebagai produsen nangka terbesar di dunia. Mengutip Al Jazeera, nangka disebut sebagai daging super, berfungsi sebagai pengganti daging di resto-resto top di San Francisco, London, hingga New Delhi. Para koki menyebut teksturnya seperti daging babi ketika tidak matang.

"Ada banyak pertanyaan dari luar negeri ... Di tingkat internasional, minat terhadap nangka telah meningkat berlipat ganda," kata Varghese Tharakkan kepada kantor berita AFP dari kebunnya di distrik Thrissur, Kerala.

Buah, yang beratnya rata-rata 5 kilogram, memiliki daging berwarna kuning lilin ketika matang dan dimakan segar. Bisa dijadikan campuran untuk membuat kue, jus, es krim dan dibuat keripik. Ketika mentah, ia dikategorikan sebagai sayur, yang ditambahkan ke kari atau digoreng, cincang dan tumis. Di Barat, abon nangka menjadi alternatif populer untuk menggantikan daging babi dan bahkan digunakan sebagai topping pizza.

"Orang-orang menyukainya," kata Anu Bhambri, yang memiliki rantai restoran di Amerika Serikat dan India. "Taco nangka telah menjadi hit di setiap lokasi. Potongan daging nangka – dipesan di setiap meja, itu salah satu favorit saya!"

Popularitas nangka bahkan membuat James Joseph berhenti dari pekerjaannya sebagai direktur di Microsoft. Menurutnya, nangka mendapatkan momentum sebagai alternatif bagi para vegan untuk daging.

Diminati Saat Pandemi

Krisis Covid-19, kata Joseph, telah menciptakan dua lonjakan minat konsumen. "Virus corona menyebabkan ketakutan terhadap ayam dan orang-orang beralih ke daging buah nangka. Di Kerala, kuncian menyebabkan lonjakan permintaan nangka hijau dan biji nangka dewasa, karena kekurangan sayuran karena pembatasan perbatasan," jelasnya.

Minat global terhadap veganisme sudah melonjak sebelum pandemi, didukung oleh gerakan-gerakan seperti Senin Tanpa Daging dan Veganuary, dan dengan itu, bisnis nangka menjadi "daging alternatif".

Lalu, kekhawatiran tentang kesehatan dan lingkungan - sebuah laporan PBB tahun 2019 menyarankan untuk mengadopsi lebih banyak pola makan nabati yang dapat membantu mengurangi perubahan iklim - yang berarti konsumen beralih ke merek seperti Impossible dan Beyond Meat untuk pengganti nabati untuk ayam, daging sapi, dan babi.

Tetapi mereka juga menggunakan pengganti yang sudah lama populer di Asia seperti tahu dan tempe berbasis kedelai, dan turunan gandum, serta nangka. Lonjakan permintaan ini menyebabkan semakin banyaknya kebun nangka bermunculan di negara pantai.

"Anda mendapat gigitan keras seperti daging - itulah yang mendapatkan popularitas dan seperti daging, ia menyerap rempah-rempah," komentar Joseph.

Perusahaannya menjual tepung nangka yang dapat dicampur dengan atau digunakan sebagai alternatif dari tepung gandum dan beras, untuk membuat apa pun untuk roti burger, seperti roti India, idli.

Joseph bekerja dengan Layanan Penelitian Indeks Glikememik Universitas Sydney untuk menetapkan manfaat kesehatan dari nangka, "Ketika kami melakukan analisis nutrisi, kami menemukan nangka sebagai makanan lebih baik daripada nasi dan roti (roti) untuk orang biasa yang ingin mengendalikan gula darahnya," tambahnya.

India memiliki salah satu tingkat diabetes tertinggi di dunia dan diperkirakan mencapai sekitar 100 juta kasus pada tahun 2030, menurut sebuah studi oleh The Lancet, sebuah jurnal medis.

Di Tamil Nadu dan Kerala saja, permintaan nangka sekarang 100 metrik ton setiap hari. Dan selama puncak musim nangka, menghasilkan omset US$19,8 juta per tahun, kata profesor ekonomi S Rajendran dari Gandhigram Rural Institute. Setiap pohon dapat menghasilkan sebanyak 150-250 buah per musim.

Tetapi ada peningkatan persaingan dari negara-negara seperti Bangladesh dan Thailand, yang juga sebagai penghasil nangka selain India.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Inspirasi19 April 2024, 09:30 WIB

8 Panduan Sederhana untuk Bisnis Online Pemula, Jangan Lupa Riset Pasar!

Bisnis online dapat dijalankan dengan cara membuat toko online, memasarkan produk melalui marketplace, atau menawarkan jasa melalui situs web atau platform online lainnya.
Ilustrasi. Bisnis online. Sumber : pixabay/janeb13
Sehat19 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. Sumber: Freepik/freepik
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 08:38 WIB

DPRD Minta DLH Pikirkan Solusi Soal Masalah Sampah di Sagaranten Sukabumi

Menurut Budi, masalah sampah bukan hanya terjadi di Kecamatan Sagaranten.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. | Foto: SU
Life19 April 2024, 08:19 WIB

Cukup 4 Bahan, Asam Urat Minggat! Yuk Bikin Minuman Herbal Ala Zaidul Akbar

Asam urat memiliki gejala yang membuat persendian nyeri saat kambuh.
Resep minuman herbal cuma 4 bahan untuk atasi asam urat ala Zaidul Akbar. | Foto: Freepik.com/8foto
Life19 April 2024, 08:12 WIB

Asam Urat Kambuh Setelah Lebaran? Bikin Minuman Herbal Sederhana Ala Zaidul Akbar Ini

Penyakit asam urat yang kambuh setelah lebaran pasti membuat Anda tidak nyaman dan tubuh terasa tidak enak.
Resep minuman herbal sederhana ala Zaidul Akbar yang dapat meredakan asam urat saat kambuh. | Foto: Freepik.com/jcomp