Menu

23 Mei 2020, 13:00 WIB

5 Olahan Ketupat yang Lezat dari Seluruh Nusantara

Ketupat Sayur. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Ketupat menjadi salah satu makanan khas yang sangat mudah ditemui di meja makan masyarakat Indonesia saat Idulfitri tiba. Melansir dari suara.com, karena memiliki suku dan budaya yang begitu kaya, sajian ketupat dari satu daerah ke daerah lain di Indonesia berbeda lho. 

Nah, penasaran dengan sajian ketupat dari berbagai daerah di Indonesia? Berikut daftarnya yang telah Suara.com rangkum.

1. Katupek Pitalah

Seperti namanya, ketupat Pitalah atau yang biasa disebut katupek Pitalah ini berasal dari sebuah nagari yang terletak di Kecamatan Batipuah, Kabupaten Tanah Datar. 

Hidangan yang resepnya sudah turun-temurun ini terdiri dari ketupat ukuran agak besar dibanding dengan ketupat biasa. Hal yang spesial terletak pada gulai sayur yang khas yang terdiri dari rebung, nangka, juga lobak, dengan tekstur yang kuahnya kental dan agak pedas.

2. Kupad Glabed

Tegal punya hidangan ketupat lezat yang cukup terkenal. Namanya kupad glabed, sajian yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning cerah yang mirip dengan sajian opor ayam.

Tapi bedanya kupat glabed memiliki tekstur kuah yang jauh lebih kental menyerupai sup krim karena dimasak dengan tambahan tepung maizena.

Glabed sendiri merupakan sebuah kata yang digunakan oleh orang Tegal untuk menggambarkan tekstur makanan yang kental ketika masuk ke dalam mulut. Lama-kelamaan kata glabed atau glabed-glabed pun mulai bergeser maknanya menjadi sebuah nama untuk sajian berisi potongan ketupat dengan kuah kuning gurih bertekstur kental.

3. Katupat Kandangan

Ini merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. 

Namun, yang membuatnya spesial ialah, penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan gabus ini dimasak dengan cara dipanggang lebih dulu sebelum dimasak menggunakan santan. Kemudian, ikan gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat.

4. Ketupat Coto Makassar

Pada hari Lebaran, Coto Makassar biasa disajikan sebagai teman makan ketupat yang nikmat. Coto Makassar sendiri merupakan sajian yang terdiri dari rebusan isi perut sapi yang kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan racikan khusus. 

Rahasia dibalik kenikmatan semangkuk Coto Makassar terletak pada kuahnya yang konon menggunakan 39 jenis rempah. Selain memberikan cita rasa yang kuat, rempah ini ampuh menghilangkan bau amis jeroan. 

5. Katupat Betumis

Kuliner ini berasal dari kota Martapura Kabupaten Banjar. Katupat betumis biasanya dijual di sejumlah rumah atau warung makan khas Banjar.

Sekilas, sajian ini memang mirip dengan lontong sayur. Namun, yang menjadi ciri dari katupat betumis ini adalah adanya kacang nagara atau kacang tolo putih di kuah santannya. Juga tak lupa dengan irisan pepaya muda yang nikmat.

 

Sumber : suara.com

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

SUKABUMIUPDATE.com - Ilmuwan Cina mengumumkan virus corona Covid-19 bukan berasal dari pasar hewan Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Dilansir dari tempo.co, ahli epidemiologi terkemuka Cina, Gao Fu, mengatakan sampel yang...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya