Menu

10 Mei 2020, 22:00 WIB

Lagi Hobi Bikin Kue? Ini 6 Pengganti Gula yang Sehat

Ilustrasi madu. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Memasak menjadi salah satu hobi yang sedang ngetren di tengah karantina akibat physical distancing guna mengurangi penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia.

Melansir dari suara.com, salah satu yang menjadi favorit ialah aktivitas memangganng kue. Ratusan resep yang tersebar di internet menanti untuk dicoba.

Tapi hati-hati, hobi memanggang kue bisa bikin konsumsi gula menjadi berlebihan.

Mengutip laman AsiaOne, ada beberapa alternatif yang bisa dijadikan pengganti gula saat memanggang kue.

1. Gula Aren

Ilustrasi gula aren. (Foto: Antara/Mohamad Hamzah)

Gula kelapa atau sering disebut gula aren, mengandung pemanis alami yang kaya akan potasium, sehingga selain membuat makanan kita manis juga menguatkan tulang kita. Gula aren juga memiliki indeks glikemik yang rendah di antara gula lainnya, memiliki rasa yang mirip dengan gula merah.

2. Sirup mapel

Ilustrasi sirup mapel. (Foto : shutterstock.com)

Bukan yang olahan maupun buatan, sirup mapel mengandung 50 antioksidan dan rasanya lebih kuat pada jenis yang memiliki warna lebih gelap. Sirup mapel mengandung kandungan mineral lebih tinggi, seperti kalsium, zinc, mangan, zat besi, dan potasium.

3. Madu

Ilustrasi madu. (Foto : pixabay.com)

Gunakan madu murni sebagai pengganti gula akan membuat kue Anda menjadi lebih lembut dan padat, sekaligus mempercepat warna kecoklatan pada kue.

4. Pisang yang dihaluskan

Ilustrasi pisang yang dihaluskan. (Foto : melonmondays.com)

Punya pisang yang kematangan? Gunakan mereka sebagai pengganti gula saat Anda ingin memanggang kue. Sebab, semakin matang pisang akan semakin manis buahnya, sehingga tak perlu tambahan gula. Hasilnya pun akan memuaskan karena kue akan menjadi semakin lembut.

5. Kurma

Ilustrasi kurma (Foto : shutterstock.com)

Kurma bisa digunakan dalam bentuk utuh atau sudah dalam bentuk gula. Kaya akan serat, vitamin, potasium dan antioksidan, serta indeks glikemik yang rendah, Anda bisa menggunakannya dalam brownies.

6. Buah kering

 Ilustrasi buah kering (Foto : shutterstock.com)

Buah-buahan kering seperti kismis dan sultanas merupakan sumber pemanis alami. Buah kering juga kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi dan mudah dicampur saat memanggang kue. Hancurkan dalam food processor untuk memudahkannya bercampur.

 

Sumber : suara.com

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pada Rabu, 27 Mei 2020, mengumumkan pembentukan sebuah yayasan yang akan menjadi sumber pendanaan baru, di mana uang yang terkumpul di yayasan...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden AS Donald Trump akan menandatangani perintah eksekutif pada perusahaan media sosial pada hari Kamis setelah Trump mengancam akan menutup situs web yang dituduhnya membungkam suara-suara konservatif. Dilansir...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah DKI Jakarta mensyaratkan mereka yang hendak masuk dan keluar wilayah Ibu Kota memiliki Surat Izin Keluar Masuk selama pandemi Covid-19. Dilansir dari tempo.co, jika tidak mengantongi...

SUKABUMIUPDATE.com - Lima mahasiswa terdakwa kasus meninggalnya Ipda Erwin dan terbakarnya tiga anggota Polres Cianjur dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh diputuskan bersalah. Terdakwa utama dijatuhi hukuman 12...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya