Menu

04 Okt 2019, 08:20 WIB

Aneka Olahan Udang dari Sungai Cikaso Sukabumi, Ada Manis-manisnya

Aneka olahan udang dari Sungai Cikaso, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penggemar aneka sajian udang, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi udang dari Sungai Cikaso. Udang yang ditangkap oleh warga dengan cara yang tradisional tersebut biasanya muncul selama musim kemarau. Membawa berkah tersendiri bagi warga sekitar sungai yang membelah Kecamatan Cibitung dan Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi tersebut.

BACA JUGA: Abon Ayam Ceu Midah, Produk Original Bumbu Rahasia Asli Panumbangan Sukabumi

"Udang akan muncul dan banyak saat air sungai jernih. Biasanya terjadi saat musim kemarau ini," kata Joni Sulaeni (52 tahun) warga Kampung Ciniti RT 09/01 Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung kepada sukabumiupdate.com, Kamis (3/10/2019).

Lanjut Joni, bisa dibilang udang di Sungai Cikaso adalah udang musiman. Jika sudah mulai turun hujan, bisa dipastikan udang tak akan muncul. Selain itu, kata Joni, udang Sungai Cikaso memiliki rasa yang berbeda dari udang lainnya saat diolah.

"Kalau diolah, ada rasa manis-manisnya, dan selalu jadi buruan warga. Kalau mau udang Sungai Cikaso harus ke lokasi penangkapannya. Biasanya dijual dengan harga per liter Rp 50.000 atau per kilogram Rp 70.000," kata Joni lagi.

"Bisa dimasak tergantung selera. Bisa dibakar, digoreng, atau diberi bumbu, tetap enak. Tapi lebih terasa nikmat kalau digoreng setengah matang terus dicocol saos," ujar warga lainnya, Engkus Kusnadi menimpali.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md memastikan tak akan ada penundaan Pilkada 2020. Pilkada yang telah digeser jadwalnya menjadi 9 Desember 2020, akan tetap...

SUKABUMIUPDATE.com - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Endang L. Achadi memprediksi kehidupan normal baru di tengah wabah Covid-19 akan berlangsung lama. Menurut dia, itu karena butuh waktu yang...

SUKABUMIUDPATE.com - Liga Inggris secara resmi memberlakukan format lima pergantian pemain untuk sisa pertandingan musim 2019/20 yang akan digelar kembali pada 17 Juni mendatang. Sebagaimana diketahui, Liga Inggris sempat...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 17 bangunan di Sabang, Aceh, rusak ringan hingga berat akibat gempa yang mengguncang daerah itu pada Kamis pagi pukul 05.31 WIB. Gempa diukur Badan Meteorologi Klimatologi...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya