Ragam Kuliner Olahan Laut Khas Pesisir Selatan Sukabumi, Pilih Mau yang Mana?

Minggu 08 September 2019, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan pantai di kawasan selatan Kabupaten Sukabumi memang tak diragukan lagi. Setiap hari, wisatawan berondong-bondong datang demi menikmati eksotisnya pantai-pantai tersebut. 

Tapi tak hanya keindahan pantainya saja, kekayaan hasil laut khususnya ikan juga begitu melimpah. Maka tak heran, banyak ragam kuliner olahan laut khas di daerah pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi itu.

Tunggu apalagi, yuk simak rekomendasi olahan ikan yang wajib dicoba dan dijadikan oleh-oleh.

Sop Ikan Marlin

Ikan marlin atau jangilus selama ini lebih banyak disajikan dengan cara dibakar, digoreng, atau dipepes. Padahal ada olahan lain yang lebih sedap yaitu sop ikan marlin.

Sebelum menikmatinya, berikut ini adalah cara memasaknya. Ikan Marlin yang dan sudah dipotong-potong sesuai selera dicuci bersih kemudian direbus setelahnya diberi bumbu, goreng bawang putih, merah, irisan bawang daun, seledri dan penyedap rasa. 

Dengan cara memasak yang benar dan bumbu alami, daging ikan marlin yang berwarna putih dengan tekstur lembut ini tidak berbau amis saat dimakan dan rasanya dijamin sedap. Apalagi sop ikan marlin disajikan dalam kondisi masih hangat. 

Ikan Layur Bakar Sambal Cobek 

Ikan layur merupakan salah satu ikan unggulan hasil tangkapan nelayan Palabuhanratu. Dimasak dengan cara apapun rasanya tetap enak. Tapi kalau ingin sajian yang lebih menggugah selera bisa dicoba resep khas nelayan Palabuhanratu, yaitu ikan layur bakar dengan sambal hijau. Menu ini akrab disebut ikan layur bakar sambal cobek.

Tak sulit mengolah ikan layur bakar. Caranya, ikan layur segar dibersihkan terlebih dahulu, yang terpenting isi perut dan insangnya dibuang. Setelah itu dicuci sampai bersih kemudian dipotong-potong sekira 3 sampai 5 cm atau sesuai selera.

Bumbunya, minyak goreng dicampur bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Kemudian ikan layur yang sudah bersih siap dibakar di atas bara api sambil diolesi bumbu bakar tadi. Adapun proses memanggangnya itu tergantung selera, mau sampai benar-benar masak atau setengah matang. Kemudian sampai ke bagian terpenting yaitu sambal hijau. Ikan layur sambal cobek pun siap disantap.

Tumis Rumput Laut

Rumput laut selama ini dikenal sebagai bahan utama agar-agar, tapi ternyata bisa dimasak dengan cara ditumis. Masyarakat di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi diantaranya Kecamatan Ciracap, menyajikan rumput laut seperti sayuran pada umumnya.

Rumput laut yang akan dimasak harus segar, adapun cara memasaknya seperti menumis sayuran. Cuma bedanya rumput laut harus direndam dulu selama 30 menit dalam air agar benar benar bersih dari pasir dan menghilang kadar garam. 

Rumput laut yang sudah bersih kemudian dipotong-potong. Persiapkan juga cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah dan penyadap rasa. Menumis rumput laut cukup lima menit saja. Tumis rumput laut tersebut akan lebih nikmat saat disajikan hangat-hangat.

Siomay Ikan

Selain batagor, siomay juga jadi primadona dan banyak diburu penggemar kuliner di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal. Bumbunya saus kacang dan semakin sedap dengan perasan jeruk limau. 

Ingin siomay istimewa, bisa dicoba siomay ikan salem. Bumbunya seperti siomay biasa dan dilengkapi kol, pare, telur, kentang, dan tahu putih. Yang membuatnya beda adalah siomay yang berbahan dasar ikan salem.

Dendeng Ikan Layur

Wisatawan yang berlibur ke kawasan objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tidak lengkap apabila pulang tanpa membawa oleh-oleh. Apabila memilih produk kuliner sebagai oleh-oleh, mungkin dendeng ikan layur ini  bisa jadi pilihan.  

Dendeng yang satu ini diproduksi warga Kampung Badak putih, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu. Dendeng ikan layur ini dibuat secara khusus, proses pembuatannya memakai bumbu yang terdiri dari rempah-rempah alami tanpa bahan pengawet.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)