Menu

Minggu, 08 September 2019, 07:00 WIB

Ragam Kuliner Olahan Laut Khas Pesisir Selatan Sukabumi, Pilih Mau yang Mana?

Ikan layur bakar sambal cobek yang disajikan bersama nasi liwet hangat. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan pantai di kawasan selatan Kabupaten Sukabumi memang tak diragukan lagi. Setiap hari, wisatawan berondong-bondong datang demi menikmati eksotisnya pantai-pantai tersebut. 

Tapi tak hanya keindahan pantainya saja, kekayaan hasil laut khususnya ikan juga begitu melimpah. Maka tak heran, banyak ragam kuliner olahan laut khas di daerah pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi itu.

Tunggu apalagi, yuk simak rekomendasi olahan ikan yang wajib dicoba dan dijadikan oleh-oleh.

Sop Ikan Marlin

Ikan marlin atau jangilus selama ini lebih banyak disajikan dengan cara dibakar, digoreng, atau dipepes. Padahal ada olahan lain yang lebih sedap yaitu sop ikan marlin.

Sebelum menikmatinya, berikut ini adalah cara memasaknya. Ikan Marlin yang dan sudah dipotong-potong sesuai selera dicuci bersih kemudian direbus setelahnya diberi bumbu, goreng bawang putih, merah, irisan bawang daun, seledri dan penyedap rasa. 

Dengan cara memasak yang benar dan bumbu alami, daging ikan marlin yang berwarna putih dengan tekstur lembut ini tidak berbau amis saat dimakan dan rasanya dijamin sedap. Apalagi sop ikan marlin disajikan dalam kondisi masih hangat. 

Ikan Layur Bakar Sambal Cobek 

Ikan layur merupakan salah satu ikan unggulan hasil tangkapan nelayan Palabuhanratu. Dimasak dengan cara apapun rasanya tetap enak. Tapi kalau ingin sajian yang lebih menggugah selera bisa dicoba resep khas nelayan Palabuhanratu, yaitu ikan layur bakar dengan sambal hijau. Menu ini akrab disebut ikan layur bakar sambal cobek.

Tak sulit mengolah ikan layur bakar. Caranya, ikan layur segar dibersihkan terlebih dahulu, yang terpenting isi perut dan insangnya dibuang. Setelah itu dicuci sampai bersih kemudian dipotong-potong sekira 3 sampai 5 cm atau sesuai selera.

Bumbunya, minyak goreng dicampur bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Kemudian ikan layur yang sudah bersih siap dibakar di atas bara api sambil diolesi bumbu bakar tadi. Adapun proses memanggangnya itu tergantung selera, mau sampai benar-benar masak atau setengah matang. Kemudian sampai ke bagian terpenting yaitu sambal hijau. Ikan layur sambal cobek pun siap disantap.

Tumis Rumput Laut

Rumput laut selama ini dikenal sebagai bahan utama agar-agar, tapi ternyata bisa dimasak dengan cara ditumis. Masyarakat di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi diantaranya Kecamatan Ciracap, menyajikan rumput laut seperti sayuran pada umumnya.

Rumput laut yang akan dimasak harus segar, adapun cara memasaknya seperti menumis sayuran. Cuma bedanya rumput laut harus direndam dulu selama 30 menit dalam air agar benar benar bersih dari pasir dan menghilang kadar garam. 

Rumput laut yang sudah bersih kemudian dipotong-potong. Persiapkan juga cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah dan penyadap rasa. Menumis rumput laut cukup lima menit saja. Tumis rumput laut tersebut akan lebih nikmat saat disajikan hangat-hangat.

Siomay Ikan

Selain batagor, siomay juga jadi primadona dan banyak diburu penggemar kuliner di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang kenyal. Bumbunya saus kacang dan semakin sedap dengan perasan jeruk limau. 

Ingin siomay istimewa, bisa dicoba siomay ikan salem. Bumbunya seperti siomay biasa dan dilengkapi kol, pare, telur, kentang, dan tahu putih. Yang membuatnya beda adalah siomay yang berbahan dasar ikan salem.

Dendeng Ikan Layur

Wisatawan yang berlibur ke kawasan objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi tidak lengkap apabila pulang tanpa membawa oleh-oleh. Apabila memilih produk kuliner sebagai oleh-oleh, mungkin dendeng ikan layur ini  bisa jadi pilihan.  

Dendeng yang satu ini diproduksi warga Kampung Badak putih, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu. Dendeng ikan layur ini dibuat secara khusus, proses pembuatannya memakai bumbu yang terdiri dari rempah-rempah alami tanpa bahan pengawet.

Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya