Light Dark

Penikmat Cemilan Wajib Coba Kicimpring Aneka Rasa Favorit Masyarakat Pajampangan

Kuliner | 07 Sep 2019, 12:00 WIB

Penikmat Cemilan Wajib Coba Kicimpring Aneka Rasa Favorit Masyarakat Pajampangan

Kuliner | 07 Sep 2019, 12:00 WIB
Kicimpring buatan warga Kampung Citarate, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi yang punya berbagai varian rasa, ikan cumi, tempe, terasi. Bahkan rasa jeruk dan rasa mangga. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Terbuat dari singkong, Kicimpring jadi Cemilan favorit masyarakat Pajampangan Kabupaten Sukabumi. Makanan renyah ini punya banyak rasa, apa saja?

Pembuatan Kicimpring terbilang sederhana dan hampir seluruh ibu-ibu bisa membuatnya untuk dikonsumsi sendiri atau dijual. Tapi kalau ingin dengan rasa yang beda, cicipi Kicimpring buatan warga Kampung Citarate, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Di kampung ini kicimpring punya berbagai varian rasa, ikan cumi, tempe, terasi. Bahkan rasa jeruk dan rasa mangga.

BACA JUGA: Renyahnya Keripik Rebung Produksi KWT Walagri Desa Waluran Mandiri Sukabumi

"Kalau dulu membuat kicimpring hanya cukup pakai garam serta penyedap rasa, tidak ada varian lainnya namun ternyata kicimpring bisa dibuat berbagai aneka rasa," ujar Yullia Rahman (36 tahun) warga Kampung Citarate RT 14/4 Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (7/9/2019).

Proses pembuatannya sederhana, singkong yang sudah dikupas kulitnya, lalu diparut. Hasil parutnya direndam sambil diperas untuk memisahkan aci sama hampasnya. Kemudian haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar dan cabe. Langkah selanjutnya parutan singkong yang sudah dibuang airnya diaduk rata dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi, tambah garam,gula dan varian penyedap rasa. 

BACA JUGA: Lain dari yang Lain, Keripik Pare Gurih Khas Cidadap Sukabumi

"Setelah diaduk rata baru, adonan dicetak sesuai selanjutnya dikukus sekitar 2 - 3 menit, barulah dijemur dan kicimpring siap disajikan. Untuk harga satu kilogramnya dijual Rp 30 ribu," kata Yulia.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter