Menu

Minggu, 11 Agustus 2019, 07:41 WIB

Kelezatan Ayam Bakakak Cikangkung Sukabumi, Menu yang Tak Biasa

Ayam bakakak Cikangkung siap dinikmati. Ayam bakakak Cikangkung berada di Kampung Hegarmanah RT 01/08, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang.

SUKABUMIUPDATE.com - Ayam bakar, lalu ayam sayur dan goreng ayam mungkin menjadi menu yang sudah biasa bagi sebagai orang. Tapi kalau menu yang satu ini pasti istimewa, ayam bakakak namanya. Di wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, ayam bakakak ini biasa disajikan pada momen-momen tertentu saat acara hajatan nikahan dan khitanan juga upacara adat. 

Cara memasak ayam bakakak beda dengan ayam bakar. Ayam bakakak ini dipanggang utuh di atas tungku mulai dari kepala hingga kaki hanya diambil jeroannya saja. Apabila ingin mencoba kenikmatan menu yang satu ini tanpa harus repot, bisa mendatangi Kampung Hegarmanah RT 01/08, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Di tempat ini ada yang namanya Bakakak Cikangkung milik Nanih (45 tahun) yang sudah empat tahun menyajikan menu ayam bakakak.

BACA JUGA: Nikmatnya Ayam Bakar Vivo Khas Pujasera Cibadak Sukabumi

Menurut Nanih, ayam yang dijadikan bakakak biasanya ayam kampung yang muda, usia sekitar lima bulan dan belum keluar taji. Namun tak mesti ayam kampung sebab ayam negeri pun bisa.

"Cara pembuatannya secara tradisional, setelah ayam dibersihkan jeroannya dikeluarkan baru dipanggang dengan menggunakan tusukan bambu sebelumnya dikasih olesan minyak dan bumbu penyedap," paparnya.

BACA JUGA: Jajanan Hits Kota Sukabumi Mie Ayam Bakar vs Spatula ala Susanti

Nanih menyebutkan dalam satu jam bisa dapat tiga bakakak dan setiap hari Nanih selalu mendapat pesanan tidak kurang dari 20 bakakak. Pesanan bertambah hingga 60 bakakak kalau hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha serta tahun baru.

Nanih mengatakan, ayam bakakak mesti dipanggang di tungku dengan kayu bakar agar tekstur daging ayam empuk dan matang secara menyeluruh juga mengeluarkan aromanya yang khas. "Dibakarnya dengan bara api dari kayu, bukan api yang berkobar," jelasnya.

BACA JUGA: Nasi Bakar Ayam Jamur LiDi Coffe, Menu Spesial Atasi Perut Keroncongan

Berminat? untuk satu ekor ayam kampung harganya Rp 65 sampai Rp 100 ribu tergantung ukuran plus pepes jeroannya serta sambal yang bisa dipilih.

"Sambal tomat, sambal terasi, sambal honje, dan sambal hijau," imbuh Nanih.

Di tempat ini, Nanih juga melayani jasa masak bakakak, jadi kosumen hanya bawa ayamnya saja. "Jasa ngabakakak Rp 25 ribu," pungkasnya

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Twitter kembali merangkum berbagai hal populer yang terjadi di Indonesia sepanjang 2019 dalam #RameDiTwitter. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, platform media sosial tersebut, menampilkan kilas balik berbagai hal mulai...

SUKABUMIUPDATE.com - Empat klub Liga Primer Inggris, yaitu Liverpool, Manchester City, Chelsea, dan Tottenham, yang tampil dalam Liga Champions Eropa musim ini sukses melaju ke babak 16 besar. Apapun hasil...

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore mengaku senang Indonesia memperketat aturan perkebunan sawit. Namun, ia menyayangkan jika kebakaran hutan masih saja terus terjadi di Indonesia, bahkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menjadi tokoh yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google di Indonesia pada 2019 dan uniknya nama Presiden Joko Widodo atau...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya