Menu

Sabtu, 27 Juli 2019, 07:00 WIB

Yuk Coba Sedapnya Bolu Terubuk Olahan Ibu Kelompok Tani Bantargadung Sukabumi

Bolu terubuk olahan ibu-ibu kelompok tani wilayah Kecamatan Bantargadung.  | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Terubuk atau dikenal dengan tiwu endog oleh masyarakat Jawa Barat ini biasanya dijadikan sayur. Tapi ternyata terubuk bisa dibuat kue bolu yang enak.

Cara membuat bolu berbahan terubuk ini tidak jauh berbeda dengan membuat kue bolu biasa. Adapun bahan yang dibutuhkan terubuk, telur, mentega, margarin, dan bahan-bahan untuk membuat bolu. Terubuk ini sejatinya menggantikan terigu.

BACA JUGA: Telur Gulung Cizzege dari Surade Sukabumi, Beneran Maknyos!

"Dalam prosesnya setelah terubuk dikupas dari cangkangnya kemudian dihaluskan dengan cara disangrai atau dioven supaya tekstur terubuk kering agar menciptakan tekstur halus pada kue bolu saat sudah jadi," ujar Amalia Nurmila dari Komunitas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi program study agri bisnis saat memberikan bimbingan teknis pengolahan hasil pertanian kepada ibu-ibu kelompok tani wilayah Kecamatan Bantargadung, Jumat (26/7/2019).

Menurut Amalia, terubuk harus benar-benar kering saat disangrai karena kandungan air dalam terubuk. Terubuk yang sudah disangrai dicampur telur yang sudah dikocok dengan gula kemudian ditambah mentega dan minyak sayur serta daun pandan.

Untuk rasa bolu terubuk ini tidak kalah dengan kue bolu yang memakai terigu, halus dan tidak lengket di lidah. Untuk menambah ke sempurnaan bolu terubuk bisa menambahkan toping kacang dan toping lainnya sesuai selera.

"Memang bolu dari bahan dasar terubuk ini masih belum terkenal atau dijual secara komersil, mudah-mudahan nantinya ibu-ibu dari kelompok tani ini bisa memahami dan menjadikannya brand makanan kuliner wilayah sini," tandasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, Pondok Pesantren (Ponpes) mahasiswa Roudlatul Irfan Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, selenggarakan tablig akbar di areal masjid AL-Ishlah pada Sabtu...

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor bebek yang dinamai Dave terpaksa harus dihilangkan penisnya lewat operasi karena terlalu sering kawin. Penis bebek itu dalam kondisi infeksi sehingga harus diangkat. Dikutip dari mirror.co.uk, Josh...

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi protes Pilkades Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berlanjut. Senin (9/12/2019) calon kepala desa yang kalah beserta warga simpatisan kembali mendatangi Kantor Desa Purwasedar. Ini adalah kali...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengajak semua lapisan mensosialisasikan momentum kepahlawanan kepada masyarakat, khususnya generasi muda. BACA JUGA: Ngobrol Perjuangan Petani Kopi Sukabumi, di Kedai Palagan Bojongkokosan Hal itu sampaikan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya