Menu

Minggu, 05 Mei 2019, 05:40 WIB

Wisata Kuliner, Mengenal Potensi Kopi Dogiyai dari Papua

Kopi Dogiyai dari Papua yang sudah dikemas untuk dipasarkan. | Sumber Foto:TEMPO/Bram Setiawan.

SUKABUMIUPDATE.com - Kopi Dogiyai dari Papua semakin berkembang. Namanya, kini terus bersaing dengan kopi dari Gayo, Toraja, dan Bali. Master Trainer Kopi Arabika Nasional, Hanok Herison mengatakan kunci pengembangan kopi ini adalah dengan mengedukasi petani di Papua, mulai dari pembibitan sampai pasca-panen.

"Prosesnya tidak main-main kalau mau mendapatkan cita rasa yang bagus. Pertama, tentukan bibit kopi apa yang mau ditanam," kata Hanok bincang-bincang di Alenia Papua Coffee & Kitchen, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Mei 2019.

Perkebunan kopi di Kabupaten Dogiyai, Paniai, dan Deiyai, memiliki kualitas yang baik dari Papua. "Kami berharap penduduk di wilayah pegunungan menanam kopi supaya mendapatkan penghasilan dan meraih keuntungan," ucap Hanok.

Seorang petani kopi Hengki Keiya mengatakan banyak ilmu yang harus dipelajari jika ingin serius menghasilkan kopi berkualitas dan memiliki daya jual tinggi. "Belajar bertani kopi bukan sekadar tahu bagaimana menanam, mengolah, melainkan sampai menentukan harga," katanya.

Petani kopi, Hengki melanjutkan, juag mesti tahu ilmu pemasaran hingga pengelolaan keuangan. "Daerah kami sudah punya potensi alam yang bagus dan subur, tinggal tanam kemudian petik," ucap dia.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Papua Frits B Ramandey menilai peristiwa pembunuhan para pekerja jalan dan jembatan di Kabupaten Nduga merupakan pelanggaran HAM serius. "Nah, terkait dengan peristiwa ini,...

SUKABUMIUPDATE.com - Dua karyawan PT Istaka Karya (Persero) yang melarikan diri ke Mbua, Papua, saat penyerangan yang dilakukan kelompok bersenjata di Distrik Yall, Kabupaten Nduga, berhasil selamat. Namun, keduanya mengalami luka...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan pembangunan infrastruktur di Papua tetap berlanjut meski ada insiden penembakan terhadap 31 pekerja proyek di Kabupaten Nduga. "Pembangunan infrastruktur di tanah Papua tetap...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 31 orang pekerja proyek jalan Trans Papua yang sedang bekerja membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, diduga dibunuh kelompok bersenjata....

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya