Menu

Sabtu, 27 April 2019, 11:28 WIB

Cicipi Kenikmatan Oyek Gurilem Produksi Desa Sukajadi Sukabumi

Oyek Gurilem yang siap disajikan. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Singkong selama ini dikenal sebagai bahan makanan tradisional, salah satu diantaranya adalah nasi oyek. Bicara nasi oyek, di Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, terdapat sebuah industrasi rumahan yang memproduksinya.

BACA JUGA: Opak Pasekon, Citra Rasa Kuliner Khas Pajampangan Sukabumi

Nama produknya Oyek Gurih Jeng Peuleum (Gurilem) yang diproduksi para ibu bekerjasama dengan Bumdes Karya Mandiri. Meski makanan tradisional, Oyek Gurilem ini dibuat menarik dan modern lewat kemasannya. Oyek yang dikemas dengan berat 250 gram ini harganya Rp 10 ribu. Cara pengolahnya tidak repot sehingga bisa disajikan dengan cepat.

"Untuk pengolahannya sangat mudah tinggal cuci dan diamkan hingga mengembang lalu kukus selama 30 menit taburi garam dan parutan kelapa," jelas penggiat wisata Desa Sukajadi Asep Rusli, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (27/4/2019).

Menurut Asep untuk menambah kenikmatan Oyek Gurilem bisa ditambahkan lalaban, sambel hejo atau sambel cikur. "Oyek dari bahan dasar singkong tersebut memang bisa menjadi pengganti nasi," ujarnya.

Produksi oyek dilakukan ibu-ibu di Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu yang bekerjasama dengan Bumdes Karya Mandiri. "Tentunya ini sebagai pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan bahan baku singkong. Sedangkan untuk pemasarannya baru melalui pesanan saja," tukasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus pembacokan kepada Siswa SMAN Parakansalak Kabupaten Sukabumi saat ini tengah ditangani pihak kepolisian. M Andri Ridwan, siswa kelas X IPS 2, mengalami luka bacok dipaha sebelah...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPC Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Sukabumi Jejen Nurjanah meminta pihak keluarga untuk mengajukan pendampingan kepada P2TP2A atau SBMI agar jenazah Lasminah bisa dipulangkan dari Arab...

SUKABUMIUPDATE.com – Musim hujan telah tiba, cuaca dingin diprediksi akan menyelimuti Indonesia termasuk Sukabumi dalam beberapa bulan ke depan. Nah, dingin-dingin hujan seperti ini berburu kuliner adalah hal yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Tak sulit menemukan tempat makan di Kota Sukabumi. Menu makanan pun tinggal pilih sesuai selera. Diantara banyaknya tempat makan, ada Soto Mie dan Mie Kocok Mang Ece...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya