Menu

27 Apr 2019, 11:28 WIB

Cicipi Kenikmatan Oyek Gurilem Produksi Desa Sukajadi Sukabumi

Oyek Gurilem yang siap disajikan. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Singkong selama ini dikenal sebagai bahan makanan tradisional, salah satu diantaranya adalah nasi oyek. Bicara nasi oyek, di Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, terdapat sebuah industrasi rumahan yang memproduksinya.

BACA JUGA: Opak Pasekon, Citra Rasa Kuliner Khas Pajampangan Sukabumi

Nama produknya Oyek Gurih Jeng Peuleum (Gurilem) yang diproduksi para ibu bekerjasama dengan Bumdes Karya Mandiri. Meski makanan tradisional, Oyek Gurilem ini dibuat menarik dan modern lewat kemasannya. Oyek yang dikemas dengan berat 250 gram ini harganya Rp 10 ribu. Cara pengolahnya tidak repot sehingga bisa disajikan dengan cepat.

"Untuk pengolahannya sangat mudah tinggal cuci dan diamkan hingga mengembang lalu kukus selama 30 menit taburi garam dan parutan kelapa," jelas penggiat wisata Desa Sukajadi Asep Rusli, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (27/4/2019).

Menurut Asep untuk menambah kenikmatan Oyek Gurilem bisa ditambahkan lalaban, sambel hejo atau sambel cikur. "Oyek dari bahan dasar singkong tersebut memang bisa menjadi pengganti nasi," ujarnya.

Produksi oyek dilakukan ibu-ibu di Desa Sukajadi, Kecamatan Cimanggu yang bekerjasama dengan Bumdes Karya Mandiri. "Tentunya ini sebagai pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan bahan baku singkong. Sedangkan untuk pemasarannya baru melalui pesanan saja," tukasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Perumda Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukabumi Cabang Cicurug, terus berupaya meningkatkan pelayanan prima bagi nasabah. Hal itu untuk memberikan rasa puas dan kenyamanan bagi nasabah, sehingga jumlah...

SUKABUMIUPDATE.com -  Penyerang Persib Bandung, Wander Luiz merasa sudah mulai bisa melakukan kombinasi yang baik bersama rekannya di lini depan Maung Bandung, Geoffrey Castillion usai menjalani dua laga uji...

SUKABUMIUPDATE.com -  Telur salah satu sumber energi dan protein tertinggi. Karena itu, telur selalu menjadi pilihan menu diet untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari suara.com, Selain tinggi protein, telur juga...

  SUKABUMIUPDATE.com - Ketua PMI Kabupaten Sukabumi dr Hondo Suwito menyatakan, Kabupaten Sukabumi dengan jumlah penduduk 2,5 juta jiwa idealnya membutuhkan darah hingga 50 ribu labu per tahun.  Hal itu, kata...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya