Menu

17 Mar 2019, 12:46 WIB

Aneka Olahan Mangga Ciri Khas GCP Hasil Pelatihan DPESDM Sukabumi

Produk dari bahan baku mangga hasil pelatihan DPESDM Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, tingkatkan usaha pengolahan hasil pertanian berupa mangga, melalui program Industri Kecil dan Menengah (IKM) di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP).

BACA JUGA: Latih Pelaku IKM di Ciemas Sukabumi, DPESDM Olah Mangga Khas GCP

Pelatihan yang diikuti sebanyak 20 orang dari warga Desa Mekarsakti dan 10 orang warga Desa Ciwaru di Pantai Palangpang Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas tersebut menghasilkan beberapa olahan mangga yang sudah dikemas rapih.

"Hasil dari bahan baku mangga tersebut diantarnaya selai, manisan, dodol, sirup, puree mangga dan permen mangga. Warga juga diberikan pelatihan bagaiaman cara pengemasan yang baik serta menarik," ujar Kepala Bidang Industri DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Dhefiana kepada sukabumiupdate.com, Minggu (17/3/2019).

Tidak hanya sampai olahan mangga saja, kata Yana DPESDM juga membantu dari sisi peralatan, termasuk proses sertifikasi halal juga pemasaran.

"Baik pemasaran secara online atau membuat galeri sentral oleh-oleh khas di kawasan GCP. Ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Sukabumi. Masih banyak potensi alam yang harus digali dan dikembangkan agar bisa meningkatkan perekonomian warga serta menunjang keberadaan GCP," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG /ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemakaian hijab di Indonesia semakin hari semakin marak. Perlu mendapat perhatian adalah terjadinya kasus kecelakaan yang disebabkan hijab atau pakaian gamis. Yaitu peristiwa nyangkut di roda, rantai...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika kita sedang menjalankan program penurunan berat badan, kita cenderung rajin berolahraga dan menjaga pola makan. Tapi sebaliknya, ketika kita sedang malas berolahraga, nafsu makan malah meningkat. Tak...

SUKABUMIUPDATE.com - Arsenal dikabarkan akan segera merampungkan transfer gelandang serang Philippe Coutinho dari Barcelona. Mereka kabarnya telah berkontak dengan agen si pemain, Kia Joorabchian. Mengutip Tempo.co, media Spanyol Sport menyebutkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Cengkareng, Ajun Komisaris Antonius mengatakan Geng Motor Make Muke atau Maju Kena Mundur Kena merupakan gabungan dari Geng Tabaci. Kelompok ini diisi...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya