Menu

17 Mar 2019, 12:46 WIB

Aneka Olahan Mangga Ciri Khas GCP Hasil Pelatihan DPESDM Sukabumi

Produk dari bahan baku mangga hasil pelatihan DPESDM Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, tingkatkan usaha pengolahan hasil pertanian berupa mangga, melalui program Industri Kecil dan Menengah (IKM) di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP).

BACA JUGA: Latih Pelaku IKM di Ciemas Sukabumi, DPESDM Olah Mangga Khas GCP

Pelatihan yang diikuti sebanyak 20 orang dari warga Desa Mekarsakti dan 10 orang warga Desa Ciwaru di Pantai Palangpang Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas tersebut menghasilkan beberapa olahan mangga yang sudah dikemas rapih.

"Hasil dari bahan baku mangga tersebut diantarnaya selai, manisan, dodol, sirup, puree mangga dan permen mangga. Warga juga diberikan pelatihan bagaiaman cara pengemasan yang baik serta menarik," ujar Kepala Bidang Industri DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Dhefiana kepada sukabumiupdate.com, Minggu (17/3/2019).

Tidak hanya sampai olahan mangga saja, kata Yana DPESDM juga membantu dari sisi peralatan, termasuk proses sertifikasi halal juga pemasaran.

"Baik pemasaran secara online atau membuat galeri sentral oleh-oleh khas di kawasan GCP. Ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Sukabumi. Masih banyak potensi alam yang harus digali dan dikembangkan agar bisa meningkatkan perekonomian warga serta menunjang keberadaan GCP," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG /ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan, mereka telah lama mendeteksi keberadaan “Keraton Agung Sejagat” dan “Sunda Empire” yang belakangan muncul dan membuat geger...

SUKABUMIUPDATE.com - Telah sepekan lebih jenazah Lina Jubaedah, eks istri komedian Sule diautopsi oleh pihak kepolisian menindak lanjuti laporan Rizky Febian, yang menduga ada kejanggalan pada kematian sang ibu. Kabidhumas...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara menegaskan, pemerintah pusat perlu mengkaji secara khusus terkait rencana mencabut subsidi gas LPG tiga kilogram (kg) atau gas melon. BACA JUGA: Subsidi Besar,...

SUKABUMIUPDATE.com - Wisata pantai identik dengan cuaca panas. Seringkali wisatawan membawa bekal minum sendiri saat berlibur ke pantai. Namun di objek wisata Pantai Citepus Istana Presiden, Desa Citepus, Kecamatan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya