Menu

Senin, 04 Maret 2019, 08:23 WIB

Ini Keunggulan Kopi Indonesia Menurut Juara Indonesia Barista Cup

ilustrasi kopi . | Sumber Foto:(pixabay.com).

SUKABUMIUPDATE.com  -  Kopi di Indonesia memiliki banyak varietas. Meski banyak, barista Mikael Jasin mengatakan kualitas kopi dari ujung barat sampai timur Indonesia memiliki kualitas yang merata.

Mikael menjelaskan bahwa keunggulan buah kopi di Indonesia memiliki volume yang besar. Selain itu juga Indonesia mampu menghasilkan banyak kopi dari berbagai daerah. Dibandingkan Peru dan Honduras, Indonesia jelas menang di varietasnya. "Kalau Indonesia, ada Gayo, Lampung, Gunung Puntang, Flores, dan Bali," ujar juara 1 kategori Indonesia Barista Cup (IBC) dalam ajang Indonesia Coffee Event (ICE) 2019 itu, Senin, 4 Maret 2019.

Ia menjelaskan bahwa kopi jenis kopi arabika saat ini sedang tren untuk diolah untuk berbagai tipe. Ia mencontohkan espresso dan kopi susu. Atau juga di kedai kopi biasanya menyediakan menu minuman khas (signature beverage) dari barista.

"Bisa dikasih buah-buahan atau cokelat," katanya.

Mikael menjelaskan, ia sudah melakukan eksperimen mengolah kopi dengan fermentasi buah. Eksperimen itu mampu memunculkan sensasi segar rasa buah-buahan.

"Ada juga yang rumput laut, supaya rasanya di luar yang biasa," ujarnya.

Tapi, enak atau tidak rasa secangkir kopi menurut dia kembali pada selera penikmatnya. Tapi kalau soal kualitas kopi, Indonesia tentu memiliki keunggulan.

Sumber : Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Migrain menimbulkan rasa nyeri yang sangat kuat. Tak jarang penyakit ini diiringi dengan gejala lain seperti mual, pandangan kabur, dan beberapa gejala lainnya yang mengganggu aktivitas seseorang sepanjang hari. Ada...

SUKABUMIUPDATE.com - Meminum kopi diyakini dapat menghilangkan kantuk dan membangkitkan semangat. Itu sebabnya, banyak orang yang memulai hari dengan meminum kopi setelah sarapan. Tapi ternyata tak perlu diminum pun, kopi sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Tren variasi kopi terus berkembang. Perkembangan tersebut dipengaruhi pertumbuhan industri kopi. Kini, penyajian kopi memiliki banyak variasi rasa, termasuk buah-buahan. Menurut barista Mikael Jasin, kopi rasa buah-buahan...

SUKABUMIUPDATE.com  -  Migrain menimbulkan rasa nyeri yang sangat kuat. Tak jarang penyakit ini diiringi dengan gejala lain seperti mual, pandangan kabur, dan beberapa gejala lainnya yang mengganggu aktivitas seseorang...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya