Menu

Jumat, 18 Januari 2019, 06:00 WIB

Duri Item Haji Nandi, Jawara Festival Durian Cimanggu Palabuhanratu

Petani durian asal Cimanggu Pojok yang menjadi juara Festival Pesona Durian Cimanggu berkat durian duri item. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Festival Pesona Durian Cimanggu ke-2 tahun 2019 berlangsung meriah. Festival yang digelar para petani di Lapangan SD PGRI Sindangpalay Cikeong, Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (17/1/2019) tersebut dihadiri Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Para pecinta durian dari berbagai penjuru juga berdatangan.

Dalam festival, puluhan petani durian turut menampilkan durian terbaiknya. Diantara para petani, muncul satu nama yang berhasil mengalahkan 42 varietas durian lainnya. Adalah Haji Nandi, petani durian asal Kampung Cimanggu Pojok yang berhasil menjadi juara festival.

Jenis durian yang ia tampilkan adalah jenis duri item. Keunggulannya, durian yang ukurannya tak terlalu besar itu, tak memiliki biji. Kalaupun ada biji, tak sebesar durian biasanya. Dagingnya yang tebal nan legit sangat memanjakan lidah.

"Ahamdulillah durian item ini bisa jadi juara. Bentuknya memang kecil, kebanyakan 1,5 kilogram. Tapi ada juga ada yang ukuran besar sampai tiga kilogram," ujar Nandi kepada sukabumiupdate.com.

Menurutnya, saat ini durian duri item yang tumbuh di wilayah Desa Cimanggu ada tiga pohon yang sudah berusia puluhan tahun. Dua pohon berukuran besar, sementara satu pohon masih berukuran kecil.

"Durian duri item ini ketebalan dagingnya bikin orang ketagihan. Bijinya kecil. Keunikan warna dari durian ini memiliki kulit yang agak hitam, makanya disebut durian duri item. Kalau harga jualnya Rp 150-200 ribu per buah," sambungnya.

BAC AJUGA: Ikuti Festival Durian, Bupati Sukabumi Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Lokal

Masih kata Nandi, untuk perawatan pohon durian duri item membutuhkan perlakuan khusus pasca panen. Selama enam bulan berturut-turut, setiap bulannya harus di pupuk, disemprot, di bersihkan KCL, NPK, ZA untuk pertumbuhan pohon dan daun. Setelah didaulat menjadi juara festival, Nandi mendapat trofi, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta.

"Alhamdulillah tentunya bangga bisa jadi juara festival. Ini asli durian lokal. Pertama kali ditanam itu oleh bapak. Saya mah hanya melanjutkan. Mudah-mudahan kedepan pohonnya semakin banyak, karena ini salah satu unggulan yang ada di sini," pungkasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi komisi IV, Badri Suhendi apresiasi pembukaan festival durian durian ke 2 Cikakak. Apalagi acara tahunan tersebut berlangsung meriah, hingga pengunjung membludak. "Saya sangat mengapresiasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Panitia Festival Duren Duren Cikakak 2 tahun 2019 menggelar rapat bersama Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dan unsur lainnya yang terlibat untuk mematangkan pelaksanaan ajang satu tahunan tersebut....

SUKABUMIUPDATE.com  - Ubi adalah makanan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena rasanya enak dan pasokannya juga berlimpah ruah, serta harganya jauh lebih murah dibandingkan makanan pokok lainnya. Makanan ubi disebutkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga dari tiga RW di Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, mendatangi kantor Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cibadak, di Jalan Raya Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya