Menu

Minggu, 09 Desember 2018, 13:28 WIB

Bukan Bika Ambon, Sekarang ada Kue Kekinian Namanya Bika Bogor

Bika Bogor Talubi. | Sumber Foto:Evrina Budiastuti

SUKABUMIUPDATE.com - Kue Bika Ambon merupakan oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon terbuat dari tepung, telur, daun jeruk, serai, kunyit, gula, dan santan. Di Kota Bogor, ada kue bika kekinian yang menggunakan bahan dari talas dan ubi. Namanya Bika Bogor Talubi.

Public relations Bika Bogor Talubi, Ellen Sunaryo mengatakan talas dan ubi sebagai bahan utama bika Bogor diambil karena hasil panen yang berlimpah. "Kami memanfaatkan hasil panen tersebut menjadi oleh-oleh khas Bogor, yaitu Bika Bogor," kata Ellen melalui keterangan tertulis.

Bika Bogor Talubi memiliki tekstur yang lembut saat dikonsumsi dan tidak enek bila dimakan dalam jumlah banyak. Bika Bogor Talubi, menurut Ellen, tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya bertahan 4 hari dari masa produksi.

Dalam proses pembuatan Bika Bogor talas, bahan dasar talas lebih dulu dipotong dadu dan dicuci dengan air garam untuk menghilangkan getahnya. Setelah itu, talas dikukus sampai matang. Talas yang sudah matang kemudian diblender dengan santan, lalu dicampur dengan sagu, gula pasir, dan kuning telur.

Adonan bika Bogor talas kemudian dipanggang. Setelah matang, bika Bogor kembali dipanggang khusus untuk bagian atasnya selama 2 menit. Selain mengolah hasil panen ubi dan talas menjadi kue bika, Bika Bogor Talubi juga membuatnya menjadi bahan dasar untuk kue lapis dan brownies.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menjajal kuliner saat traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan. Cuma satu hal yang bikin nggak enak: bujet jadi membengkak. Tapi jangan khawatir, Sob. Ada triknya supaya kamu bisa wisata kuliner tanpa menguras...

SUKABUMIUPDATE.com - Tahun 2019 sudah di depan mata. Berbagai acara dan kegiatan pun sudah dipersiapkan untuk menyambut Tahun Baru. Hampir di setiap acara Tahun Baru selalu ada santapan spesial. Sejumlah negara...

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu memang banyak menyajikan destinasi yang menarik dikunjungi karena terdiri dari pegunungan, lautan dan sungai. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Geopark Ciletuh Palabuhanratu...

SUKABUMIUPDATE.com - Roti termasuk makanan favorit karena rasanya yang enak dan bisa dinikmati kapan saja. Roti juga banyak jenisnya, kalau yang tren di Sukabumi ada yang namanya Roti Kukus...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya