Menu

09 Des 2018, 13:28 WIB

Bukan Bika Ambon, Sekarang ada Kue Kekinian Namanya Bika Bogor

Bika Bogor Talubi. | Sumber Foto:Evrina Budiastuti

SUKABUMIUPDATE.com - Kue Bika Ambon merupakan oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon terbuat dari tepung, telur, daun jeruk, serai, kunyit, gula, dan santan. Di Kota Bogor, ada kue bika kekinian yang menggunakan bahan dari talas dan ubi. Namanya Bika Bogor Talubi.

Public relations Bika Bogor Talubi, Ellen Sunaryo mengatakan talas dan ubi sebagai bahan utama bika Bogor diambil karena hasil panen yang berlimpah. "Kami memanfaatkan hasil panen tersebut menjadi oleh-oleh khas Bogor, yaitu Bika Bogor," kata Ellen melalui keterangan tertulis.

Bika Bogor Talubi memiliki tekstur yang lembut saat dikonsumsi dan tidak enek bila dimakan dalam jumlah banyak. Bika Bogor Talubi, menurut Ellen, tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya bertahan 4 hari dari masa produksi.

Dalam proses pembuatan Bika Bogor talas, bahan dasar talas lebih dulu dipotong dadu dan dicuci dengan air garam untuk menghilangkan getahnya. Setelah itu, talas dikukus sampai matang. Talas yang sudah matang kemudian diblender dengan santan, lalu dicampur dengan sagu, gula pasir, dan kuning telur.

Adonan bika Bogor talas kemudian dipanggang. Setelah matang, bika Bogor kembali dipanggang khusus untuk bagian atasnya selama 2 menit. Selain mengolah hasil panen ubi dan talas menjadi kue bika, Bika Bogor Talubi juga membuatnya menjadi bahan dasar untuk kue lapis dan brownies.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara dihadapan perwakilan massa aliansi ormas se-Kabupaten Sukabumi secara tegas menolak RUU HIP. Apalagi, kata Yudha, Fraksi Partai Gerindra di DPR RI...

SUKABUMUIUPDATE.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi pada Rabu, 8 Juli 2020. Erick mengaku membahas aganda pemulihan ekonomi nasional dengan para komisioner KPK. “Diskusi...

SUKABUMIUPDATE.com – Keputusan orang tua untuk tetap menerapkan belajar jarak jauh bagi anak-anaknya di zona hijau harus dihargai oleh sekolah dan dinas pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim...

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan massa gabungan aliansi ormas se-Kabupaten Sukabumi melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi yang berlokasi di komplek perkantoran Jajaway, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya