Menu

01 Sep 2018, 07:00 WIB

Nikmatnya Nasi Liwet Hanjeli Khas Desa Waluran Mandiri Sukabumi, Dijamin Nambah Terus

Nasi liwet hanjeli khas Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penikmat kuliner khas sunda, tentunya tidak akan asing dengan nasi liwet. Terdapat beragam cara penyajian dan memasaknya, termasuk di Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, ada nasi liwet hanjeli.

Nasi liwet yang dibuat kelompok wanita tani Mekar Mandiri memiliki kekhasan dari soal rasa. Karena sesuai namanya, beras biasa dicampur hanjeli yang merupakan tumbuhan biji-bijian tropis dari suku padi-padian.

BACA JUGA: Doyan Nasi dan Pedas Yuk Coba ke Ayam Nabura Kota Sukabumi

"Nasi liwet hanjeli hampir sama cara memasaknya dengan nasi liwet beras biasa, namun untuk nasi liwet hanjeli dicampur dengan beras biasa agar lebih pulen. Untuk takarannya pengolahan nasi liwet hanjeli, yaitu 60 persen hanjeli dan 40 persen beras biasa," ujar pembina Kelompok Wanita Tani Mekar Mandiri Abah Asep Hidayat.

Tak boleh ketinggalan, saat disajikan nasi liwet hanjeli harus dilengkapi dengan lauk pauk dan sayuran. Biasanya ikan asin seperti peda, japuh dan teri yang digoreng, jangan lupa lalaban dan sambal.

BACA JUGA: Citarasa Lezat Baso Kelapa Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu

"Nasi liwet hanjeli akan terasa nikmat bila dihilangkan dengan goreng ikan asin seperti peda, japuh dan teri, juga jangan lupa lalabannya turubuk, bisa juga cobek turubuk," kata Asep.

Selain nasi liwet, banyak makanan lain yang berbahan dasar hanjeli seperti rengginang, rempeyek dan peuyeum hanjeli.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa waktu lalu, sempat beredar kabar bahwa obat antivirus HIV bisa digunakan untuk pasien Covid-19. Dilansir dari suara.com, hal ini membuat masyarakat mencari tahu lebih dalam tentang...

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil kembali menjalani tes swab Covid-19 untuk ketiga kalinya. Dilansir dari suara.com, hal tersebut dilakukan seusai mengetahui kabar almarhum Kepala Dinas...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketimpangan kepemilikan, penguasaan maupun pengelolaan lahan sudah sejak lama menjadi permasalahan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Sukabumi. Ketimpangan tersebut tidak hanya menciptakan kesenjangan kesejahteraan, namun menimbulkan konflik...

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran bedah rumah Rp 243,28 miliar untuk 13.902 unit rumah tidak layak huni di Provinsi Jawa Barat. "Kami siap melaksanakan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya