Menu

Selasa, 19 Juni 2018, 19:02 WIB

Pempek Terbesar di Dunia dari Palembang Dibuat dari 1.7 Ton Telur

Para panita alumni SMP Negeri 15 Palembang, pecahkan rekor MURI lewat pembuatan pempek lenggang terbesar di dunia. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kuliner khas warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, pempek lenggang, yang dibuat secara kreatif oleh alumnus SMP Negeri 15 Kota Palembang masuk catatan Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Alumnus SMP Negeri 15 Kota Palembang, Senin, 18/6, berhasil memecahkan rekor MURI dengan membuat pempek lenggang terbesar menggunakan 1,7 ton telur.

Ketua Alumni SMP Negeri 15 Kota Palembang Muhammad Hartawan menjelaskan kegiatan tersebut untuk lebih mengenalkan makanan khas kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018 itu.

"Kegiatan membuat pempek lenggang terbesar dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi sekaligus promosi salah satu kuliner Palembang ke seluruh dunia," ujarnya.

Dia menjelaskan pempek lenggang tercatat di MURI dengan ketebalan 15,5 cm menggunakan bahan seperti 170 kg ikan gabus, 170 kg tepung kanji, beberapa bungkus kecil garam, gula 14 kg dan 150 karung arang, serta daun pisang kepok.

"Kami pilih pempek lenggang karena bau khas telur yang unik dan dikenal lebih luas, selama ini orang hanya mengenal pempek lenjer dan pempek telur besar atau yang dikenal dengan pempek kapal selam," ujar dia.

Manager MURI Andre Purwandono mengatakan pemecahan rekor itu bisa dikategorikan di tingkat dunia. Dia mengatakan MURI akan mengenalkan pempek lenggang ke seluruh penjuru dunia sehingga makanan khas Palembang tersebut lebih dikenal. "Dan bisa menjadi salah satu makanan yang dicari wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Bumi Sriwijaya itu," kata dia.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Kepolisian Republik Indonesia kembali menangkap sejumlah terduga teroris seputar hari raya Idul Fitri tahun ini. Pada Senin, 18 Juni 2018, tim Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap empat terduga...

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) tetap melakukan pencarian penumpang korban tragedi Danau Toba meski sedang hujan. Kepala Kantor SAR Medan Budiawan mengatakan pencarian dilakukan sejak pukul 07.30 WIB seusai apel pagi. Namun, sebelum...

SUKABUMIUPDATE.com -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem di wilayah Danau Toba dan sekitarnya pada pukul 16.30 WIB atau 30 menit sebelum Kapal Motor Sinar...

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Pemantauan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebut memiliki temuan penting terkait kasus penyerangan terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. “Bagi tim Komnas HAM semua...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved