Menu

Sabtu, 10 Pebruari 2018, 19:04 WIB

Ssst...Nelayan Palabuhanratu Sukabumi Beri Tips Cari Ikan Jambal Berkualitas

Pilah-pilih ikan jambal roti di pedagang ikan asin Palabuhanratu. | Sumber Foto:Anugrah

SUKABUMIUPDATE.com - Palabuhanratu memang terkenal dengan pesona objek wisata pantainya, tapi jangan lupa dengan hasil lautnya. Bisa pilih ikan segar atau ikan asin. Apabila menjatuhkan pilihan ke ikan asin bisa mencoba ikan jambal roti.

Untuk mendapatkan ikan jambal roti yang bagus ternyata ada caranya, terutama yang dijual dalam bentuk potongan dan sudah dikemas.

BACA JUGA: Jajan Ketoprak Kaki Lima di Kota Sukabumi, Ke Sini Aja

Sriyanto (38 tahun) nelayan menuturkan ikan jambal roti yang bagus terlihat dari ciri fisiknya. Warga Kampung Majlis RT 10/07, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu ini mengungkapkan, ikan yang bagus bakal memiliki rasa yang khas ketika dimasak.

"Saat membeli pilihlah yang utuh warnanya terang dan dagingnya lunak. Kemudian agak kering, itu tanda ikan asin masih baru," ujar Sriyanto kepada sukabumiupdate.com. Minggu (10/2/2018).

BACA JUGA: Haramkan Formalin, Inilah Rahasia Keistimewaan Produk Ikan Asin Palangpang Sukabumi

Desi (40 tahun) salah seorang pedagang ikan asin menuturkan terdapat dua jenis ikan asin jambal roti yang dijual, yakni ikan jambal roti biasa dan ikan jambal roti super.

"Kalau yang super itu harus di masukan dalam freezer biar awet dan rasanya juga beda, lebih enak," katanya.

Tentu harganya pun berbeda-beda, kata Desi. Untuk ikan jambal roti super dijual seharga Rp 120-130 ribu perKilogramnya. Sedangkan yang biasa hanya dijual Rp 50-80 ribu perKilogram.

BACA JUGA: PKH dan PKM Baros Sukabumi Buat Stick Tempe, Ada Bumbu Rahasianya Lho

Namun untuk saat ini pedagang mengeluhkan minimnya pasokan ikan dari nelayan Palabuhanratu turun. Ikan yang dijual saat ini diperoleh dari Jakarta.

"Justru itu sekarang hasil tangkapan ikan nelayan di Palabuhanratu menurun. Kami terpaksa harus membeli bahan ikannya ke muara baru jakarta," ujarnya.

Reporter : ANUGRAH
Redaktur : ANDRI. S
Sumber : Anugrah
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved