Menu

19 Mar 2017, 03:00 WIB

Ragam Khasiat Remis Muara Cikodehel Kabupaten Sukabumi

Sajian remis siap santap. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Remis adalah salah satu jenis kerang yang cukup digemari oleh kebanyakan masyarakat. Remis memiliiki kandungan gizi mirip kerang, namun harganya yang jauh lebih murah. Seperti halnya kerang, remis dapat diolah menjadi berbagai macam masakan.

Namun, mereka yang tidak suka dengan remis lebih karena alergi terhadap remis. Selain tidak beracun, remis juga memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan.

Menurut penelitian, remis memiliki kalori yang tinggi. Kira-kira tiga ons remis memiliki kandungan kalori sebanyak kurang lebih 145 hingga 150 kalori. Ini merupakan salah satu sumber energi yang cukup tinggi terutama ketika dikonsumsi sebagai lauk pauk saja.

Selain itu, olahan remis seperti sup dapat memberikan energi yang lebih banyak lagi meskipun dimakan tanpa menggunakan nasi. Dengan kandungan gizinya yang banyak dan juga tinggi, remis sangat baik dan juga efektif bagi yang sedang menjalani program diet, dan sejumlah manfaat lainnya.

Di wilayah Pajampangan, remis bisa diperoleh di Muara Cikodehel di Kampung Cijoho, Desa Cikangkung, yang berbatasan dengan Kampung Cigebang, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA:

Iwung Bitung Surade Kabupaten Sukabumi Dipercaya Bisa Obati Kolesterol

Sayur Jantung Pisang Kole, Hidangan Lezat dari Hutan Gunung Gede Kabupaten Sukabumi

Sosis Panggang Bendera Italia, Cibadak Kabupaten Sukabumi Punya

Menurut Endin (50), warga Kampung Cijoho RT 01/01, Desa Cikangkung, mengatakan kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (18/3), di Muara Cikodehel banyak diperoleh remis. 

"Caranya tinggal mungut sambil turun ke muara. Biasanya berada di kedalaman satu meter. Tapi ada juga yang di darat, atau di pasir. Caranya, gunakan pisau atau ujung sendok yang digoreskan ke pasir. Kalau terdengar gesekan, berarti ada remisnya."

Sementara menurut Ernawati (34), remis dari Muara Cikodehel bisa diolah secara mudah, cuma dengan cara digoreng dengan tambahan bumbu penyedap rasa.

"Bisa juga dibalado, dengan bumbu yang ditumbuk halus, tambahkan bawang merah, bawang putih, gula, garam, penyedap rasa, dan kecap. Atau bisa juga dibakar bumbu sate atau sambel tomat. Bikin sambalnya juga mudah, cukup tomat, bawang merah mentah, dan tambahkan kecap manis," jelas Ernawati.

Reporter : RAGIL GILANG/Kontributor
Redaktur : ANISA SITI RIZKIA
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam menghadapi pandemi virus corona alias Covid-19, orang tua atau orang dewasa di sekitar anak harus memastikan anak-anak tetap terlindungi. Dilansir dari tempo.co, anak-anak rentan mengalami perlakuan...

SUKABUMIUPDATE.com - Imbauan isolasi diri atau jaga jarak fisik dikeluarkan pemerintah di masa pandemi virus corona ini. Dilansir dari tempo.co, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan,...

  SUKABUMIUPDATE.com - Wartawan masih terus bekerja melakukan peliputan di tengah penyebaran wabah Corona atau Covid-19. Bahkan saat ini, wartawan sering masuk keluar rumah sakit untuk mendapatkan berita tentang penanganan...

SUKABUMIUPDATE.com - Cikie Wahab punya cara baru menemani anaknya dan bocah lain saat wabah virus corona mengharuskannya bekerja dari rumah. Perempuan 34 tahun asal Pekanbaru ini memanfaatkan buku-buku dan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya