Aneka Kue `Tiruan` Poffertjes dari Belanda

Minggu 26 Februari 2017, 07:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Poffertjes merupakan kue khas dari negeri Belanda. Di Indonesia, ada beberapa hidangan yang mengalami adaptasi dari resep asli poffertjes, baik dalam bentuk, ukuran, maupun cita rasanya. Semuanya tentu saja disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia.

Resep adonan dasarnya kue ini tetap sama, yakni terigu, telur, mentega, susu, dan zat pengembang. Bentuknya juga semakin berkembang dan namanya unik-unik, meski dari resep dan cara pembuatannya kita bisa yakin bahwa beberapa kue ini adalah adaptasi dari poffertjes. Berikut ini beberapa penganan yang tampaknya punya kedekatan dengan poffertjes  dari resep dasarnya.

Kue cubit

Ini mungkin adalah resep asli penganan Indonesia yang paling dekat dengan poffertjes. Misalnya dari resep dasar dan ukuran yang mungil, berdiameter sekitar 4 sentimeter. Lalu, lihatlah dari kecenderungan pembuatan kue cubit yang separuh matang di bagian atasnya. 

Adonan dasar kue cubit dari terigu, telur, dan susu juga tampaknya dekat dengan poffertjes ala Negeri Kincir Angin. Kue tersebut hingga kini masih bisa kita temui di pasar-pasar tradisional dan pusat jajanan yang biasanya dekat dengan sekolah dasar. Dengan taburan meses cokelat, kue cubit masih populer di kalangan anak-anak.

Dijuluki kue cubit karena umumnya pedagang mengambil kue yang sudah matang dari cetakan baja yang juga mirip poffertjes dengan penjepit seperti mencubit. Bisa juga karena anak-anak kecil makan kue ini dengan mencubitnya sedikit demi sedikit.

Pancake

Sebagai penganan yang sama-sama berasal dari Eropa, adonan dasar pancake jelas sama dengan poffertjes. Pancake biasa disajikan untuk penganan pagi hari atau teman minum teh atau kopi. Belum lagi berbagai topping yang biasanya juga menjadi hiasan sekaligus menambah cita rasa penganan ini.

Satu-satunya yang membedakan pancake dengan poffertjes adalah bentuknya yang bulat gepeng. Di Belanda, pancake lebih dekat dengan pannekoeken, yang biasanya disantap dengan bahan isian seperti potongan apel, keju, daging babi asap, dan manisan jahe. Ada pula yang lebih suka makan pancake dengan sirop atau stroop gula kental dan daging babi asap.

Serabi

Serabi--kadang disebut "srabi" atau "surabi"--adalah salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang pembuatannya mirip poffertjes dan pancake. Hanya, ada modifikasi dalam resep dasarnya, misalnya tepung terigu diganti tepung beras atau susu yang diganti santan, juga sirop manis yang diganti kinca (lelehan gula jawa atau gula kelapa). Kuahnya juga berbagai macam. Ada yang dicampuri nangka dan sebagainya.

Kue Kamir

Ada yang menyebut kue ini sebagai serabi Arab. Meski dari resep dan cara pembuatannya sama dengan poffertjes, kue kamir berbeda dalam penyajian. Ukurannya lebih besar dari poffertjes dan biasanya dimakan tanpa topping apa pun.

Asal-muasal nama kue kamir juga tak banyak diketahui. Ada yang mengatakan kata "kamir" diambil dari bahasa Arab yang berarti ragi. Ada pula yang mengatakan kata "kamir" berasal dari nama orang keturunan Arab yang pertama kali memperkenalkan kue tersebut.

Kue kamir ada yang terbuat dari tepung beras dengan santan dan gula, ada pula yang terbuat dari terigu, mentega, ragi, dan gula. Biasanya adonan dasar kue kamir harus diinapkan dulu semalaman hingga mengembang sempurna.

 

Sumber: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp