Apa Kabar SMK Pertama Pembuat Mobil Esemka?

Kamis 26 Oktober 2017, 07:03 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Debu tebal menyelimuti tiga mobil Esemka, dua tipe sport utility vehicle (SUV) dan satu tipe pick up, yang diparkir di garasi program keahlian teknik kendaraan ringan (TKR) SMK Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten.

“Meski tidak pernah digunakan, mobil-mobil ini masih kami rawat dengan baik. Tiap pagi mesinnya masih dipanasi (dihidupkan),” kata Kepala Program TKR SMK N 1 Trucuk, Sutrisno, saat ditemui Tempo di kantornya Kamis, 26 Oktober 2017.

SMK N 1 Trucuk juga masih menyimpan dua mobil Kiat Esemka tipe pick up di program keahlian pertanian dan peternakan. Sama nasibnya dengan tiga mobil Kiat Esemka yang dikandangkan di garasi TKR, dua mobil pick up tersebut juga tidak pernah keluar dari gerbang SMK N 1 Trucuk.

 “Paling hanya untuk mengangkut pupuk atau pakan ternak di dalam lingkungan sekolah,” kata Sutrisno. Lima mobil Kiat Esemka yang diserahkan ke SMK N 1 Trucuk pada 2008 (dua SUV) dan 2011 (tiga pick up) itu juga tidak pernah digunakan untuk melatih para siswa agar mahir menyetir mobil.

Sebab, meski layak jalan, kelima mobil tersebut statusnya masih purwarupa. Jangankan surat-surat seperti BPKB dan STNK, nomor rangka pun tak ada. “Sebagai guru, kami harus mengajarkan yang benar dari hal paling dasar (tidak menggunakan mobil kosongan di jalan umum),” kata Sutrisno.

Perlu diketahui, di SMK N 1 Trucuk inilah Sukiyat pertama kali mencetuskan idenya untuk membuat mobil lokal dengan melibatkan para siswa SMK. Sukiyat adalah pemilik bengkel Kiat Motor yang kini beralamat di Jalan Solo-Jogja, Desa Mlese, Kecamatan Ceper, Klaten.

Pada 2007, Sukiyat mengajarkan para siswa SMK N 1 Trucuk untuk membuat bodi mobil secara manual. Lelaki yang lahir di Trucuk pada 22 April 1957 itu juga menyumbangkan dua mobil Toyota Crown dan Kijang untuk dibongkar, dimodifikasi bodinya, dan dirakit kembali.

Sejak pamor mobil Esemka melambung setelah digunakan sebagai kendaraan dinas Wali Kota Surakarta Joko Widodo (sekarang Presiden RI) pada 2012 dan ramai dibahas soal rencana produksi massalnya, nama Sukiyat dan SMK N 1 Trucuk pun lambat laun memudar di media massa.

Hingga kini, setelah lima tahun berselang, Esemka yang digadang-gadang sebagai mobil karya anak bangsa masih belum jelas nasibnya. Adapun Sukiyat kini kembali menyita perhatian media setelah meluncurkan purwarupa tiga tipe Moda Angkutan Hemat Pedesaaan (Mahesa Nusantara).

Sukiyat memilih tidak berkomentar saat disinggung soal nasib mobil Esemka. “Saya ini orang teknis, tidak mau campur tangan soal politik. Ngobrol soal Mahesa saja yang sudah jelas, siap diproduksi tahun depan,” kata inisiator Mahesa yang juga masih menjabat sebagai Ketua Komite di SMK N 1 Trucuk itu.

Sedangkan SMK N 1 Trucuk kembali pada nama besarnya sebagai STM Pertanian, nama awalnya saat pertama kali didirikan di Kecamatan Delanggu, Klaten, pada 1965.

“Sampai sekarang kami masih kondang sebagai salah satu SMK yang mencetak para tenaga kerja ahli di bidang pertanian. Banyak perusahaan besar dari luar Jawa yang datang kemari untuk menyeleksi siswa kami secara langsung,” kata Sutrisno.

Kendati demikian, Sutrisno tidak memungkiri jika popularitas mobil Esemka dulu juga mengerek program keahlian TKR SMK N 1 Trucuk yang baru dibuka pada 2000. “Banyak orang tua yang tertarik menyekolahkan anaknya ke sini karena gaung dari mobil Esemka,” kata Sutrisno.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah di SMPN 1 Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update