Menu

12 Agu 2017, 11:54 WIB

Tip Merawat Radiator agar Mesin Mobil Tak Cepat Panas

Seorang mekanik Daihatsu sedang mengecek radiator mobil Daihatsu Xenia. | Sumber Foto:carmudi.co.id

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu komponen penting yang ada dalam mobil adalah radiator. Secara garis besar, fungsi radiator adalah untuk mendinginkan mesin. Caranya, panas mesin akan diserap oleh radiator coolant yang bersirkulasi.

Melihat fungsinya itu, fungsi radiator tentu sangat penting terutama ketika melakukan perjalanan jauh, seperti mudik nanti. Karenanya, radiator harus senantiasa dirawat agar performanya tetap maksimal.

Mengutip dari situs daihatsu.co.id, Ada lima hal yang harus diperhatikan agar kondisi radiator tetap seperti baru. Kelimanya adalah bagian luar, bagian dalam, selang, tutup, dan pompa oli.

Pertama, bagian luar radiator haruslah dijaga kebersihannya. Perhatikanlah kisi-kisi radiator. Jangan sampai ia dipenuhi kotoran karena jika itu terjadi, alur angin dapat terhambat dan pada akhirnya proses pendinginan tidak maksimal.

Kedua, bagian dalam. Usahakan agar bagian ini tidak mengalami pengaratan. Sebaiknya selalu membersihkannya dengan melakukan pengurasan air minimal satu tahun sekali. Ini semakin penting terutama pada mobil-mobil tua.

Ketiga, bagian selang. Daya tahan penghubung utama antara mesin dan radiator ini akan terus menurun. Baiknya selang langsung diganti jika ada tanda kebocoran.

Keempat bagian tutup. Pastikan bagian ini dalam kondisi baik dengan cara memperhatikan pegas dan karet penyekatnya. Jika ini sudah rusak, temperatur mobil bisa cepat meningkat dan terlalu panas.

Terakhir adalah pompa oli. Sebagaimana bagian lain, pompa oli yang tersumbat oleh kotoran kemungkinan besar bakal membuat suhu mesin mobil lebih cepat panas.

Sumber: Tempo

Sumber : carmudi.co.id
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial tengah ramai dengan isu kalung yang diklaim sebagai antivirus, termasuk virus corona. Sebelumnya, Kementerian Pertanian menyatakan bakal menggandeng PT Eagle Indo Pharma untuk pengembangan dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Valtteri Bottas secara sempurna mentransformasikan pole position di GP Austria yang penuh drama menjadi kemenangan pertamanya di F1 musim ini. Mengutip Suara.com, Bottas mendominasi balapan sepanjang 71 lap...

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa negara telah menerapkan new normal atau pembebasan aturan pembatasan sosial, mekipun pandemi virus corona Covid-19 belum usai. Melansir Suara.com, semua orang pun tetap disarankan menjalani protokol kesehatan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Berita bola pada Ahad, 5 Juli 2020, menampilkan rumor terbaru soal perburuan pemain di bursa transfer sepak bola Eropa. Mengutip Tempo.co, ada kabar soal Real Madrid, Bayern Munchen,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya