Mumi Menjerit Ini Diduga Putra Firaun yang Membunuh Ayahnya

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Identitas sebenarnya di balik ekspresi kesedihan sebuah mumi telah membingungkan arkeolog selama lebih dari satu abad sejak jenazah yang tidak biasa itu pertama kali ditemukan di kuil mayat Deir El-Bahari di Mesir.

Para ahli mengatakan Mumi Menjerit itu diawetkan dengan cara yang tidak pernah terlihat sebelumnya. Anggota badannya terikat kulit, dan tubuhnya terbungkus kulit domba, menunjukkan bahwa ia dianggap najis. Dan, mulutnya dibiarkan menganga, seolah-olah dia telah diracuni.

Setelah bertahun-tahun melakukan spekulasi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mayat tersebut adalah milik putra Raja Ramses III (Firaun dari dinasti ke-20) yang dipermalukan. Dia dituduh membunuh ayahnya dan dijatuhi hukuman mati dengan digantung.

Mayat itu dikuburkan di tempat bangsawan di lokasi makam terkenal di tepi barat Sungai Nil, menurut Kementerian Barang Antik Mesir.

Tapi, sementara yang lain dibungkus linen putih dan dimumikan dengan hati-hati, Mumi Menjerit ini ditinggalkan mengering dalam garam natron, bahkan ada yang menuangkan garam ke mulutnya yang terbuka, dan ditutup dengan kulit domba.

Tubuh itu, juga dikenal sebagai Unknown Man E, kini dipajang di Museum Mesir di Kairo untuk pertama kalinya.

Ia pertama kali ditemukan pada tahun 1886, dan para ahli lama menduga bahwa pria misterius dengan wajah sedih ini telah diracuni. Tapi, analisis selanjutnya dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa bukan hal itu yang terjadi.

Menurut Kementerian Kepurbakalaan Mesir, tanda-tanda di sekitar leher mumi menunjukkan orang itu kemungkinan digantung. Ini sesuai dengan teks kuno tentang Harem Conspiracy, yang merinci rencana Pangeran Pentawere dan Ratu Tiye - putra firaun dan istri kedua - untuk membunuh Ramses III.

DNA yang diambil dari tulang mumi yang tidak dikenal dan Ramses III, mengindikasikan bahwa Mumi Menjerit adalah putra Ramses III, menurut Ahram Online.

"Mumi mengerikan Unknown Man E, yang juga dikenal sebagai Mumi Menjerit telah lama membuat ilmuwan bingung," ahli kimia Mesir Zahi Hawass, mantan Menteri Urusan Purba yang memimpin Proyek Mumi Mesir, mengatakan kepada Al-Ahram Weekly.

"Mumifikasi yang tidak biasa itu membingungkan ahli sejarah Mesir dan tidak ada yang berhasil mengetahui kisah di balik mumi semacam itu sampai peluncuran Proyek Mumi Mesir beberapa tahun yang lalu di bawah arahan saya untuk membuat database lengkap informasi forensik yang terkait dengan koleksi mumi di Museum Mesir.”

Kematian firaun Ramses III sangat mengerikan, dan banyak misteri masih mengelilingi rincian pembunuhannya. Hasil CT scan menunjukkan bahwa tenggorokan mumi ini digorok dan jempol kakinya terputus, kemungkinan terjadi serangan oleh beberapa penyerang.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)