Facebook Mulai Ditinggal, Anak Muda Pilih Snapchat dan Instagram

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Facebook mungkin telah kehilangan daya tarik orang muda. Penelitian baru menunjukkan remaja dan orang dewasa muda beralih dari Facebook ke Snapchat, sementara popularitasnya di antara pengguna berusia lebih dari 55 tahun melonjak, sebagaimana dikutip Daily Mail kemarin.

Fitur Snapchat yang kreatif seperti filter dan lensa, yang memungkinkan Anda menambahkan efek pada gambar, terbukti sangat populer di kalangan pengguna dan telah diadopsi oleh berbagai platform pesaing.

Yang lebih penting lagi, privasi dan ketidakkekalan konten dari Snapchat memberi remaja forum untuk menjadi dirinya sendiri, sesuatu yang dirasakan banyak orang tidak ada di Facebook.

Angka tersebut berasal dari perusahaan riset pasar asal New York, eMarketer, sebagai bagian dari studi tentang pengguna digital Inggris dan AS yang akan dirilis akhir bulan ini.

Facebook sendiri masih berkembang di pasar AS, menurut firma riset itu, terutama karena kenaikan pemakaian oleh kelompok usia lanjut.

Perusahaan riset tersebut mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan penurunan pertama dalam kelompok usia 18 sampai 24 tahun di AS, turun 5,8 persen tahun ini.

Perusahaan itu juga mengatakan bahwa untuk pertama kalinya sejak penelitian dimulai, kurang dari setengah dari kelompok usia 12 sampai 17 di Amerika Serikat akan berada di Facebook, dengan penurunan 5,6 persen di segmen tersebut. “Kelompok usia di bawah 12 tahun akan mengalami penurunan 9,3 persen tahun ini,” kata eMarketer.

Tren yang sama diperkirakan berlanjut hingga 2019 dan 2020, dengan penurunan di semua segmen pengguna AS di bawah 25, laporan tersebut menambahkan.

Facebook akan kehilangan sekitar dua juta pengguna di bawah 25 tahun ini, dengan Snapchat dan Instagram menjadi penerima manfaat utama.

Facebook tetap menjadi jaringan sosial terpopuler di pasar AS dengan perkiraan 169,5 juta pengguna tahun ini, menurut eMarketer.

Instagram yang tumbuh lebih cepat akan digunakan oleh 104,7 juta orang Amerika dan Snapchat akan mencapai 86,5 juta pengguna, menurut perkiraan tersebut.

“Snapchat pada akhirnya bisa mengalami pertumbuhan lebih banyak pada kelompok usia yang lebih tua, sejak  mendesain ulang platformnya agar lebih mudah digunakan,” kata analis utama eMarketer Debra Aho Williamson.

"Pertanyaannya adalah apakah pengguna yang lebih muda masih akan menganggap Snapchat keren jika lebih banyak orang tua dan kakek mereka ada di dalamnya. Itulah keadaan yang dialami Facebook,” ujar Williamson.

Secara keseluruhan, jumlah pengguna Facebook total di Inggris diprediksi mencapai 32,6 juta di tahun yang akan datang.

Tapi akan akan pengurangan sekitar 700.000 anak muda di Inggris, berusia 12 sampai 24 tahun, yang menggunakan situs ini dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, sekitar setengah juta orang baru berusia di atas 55 tahun diperkirakan akan bergabung dengan Facebook di tahun 2018.

Jika tren ini tercermin secara global, bisa berarti puluhan juta orang muda akan meninggalkan situs ini, untuk digantikan oleh rekan mereka yang lebih tua. “Facebook memiliki masalah remaja,” kata Bill Fisher, analis senior e-Marketer Inggris.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi