Tips Teknologi: 5 Cara Membuat Konten Web Menarik

Sabtu 04 November 2017, 08:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tips teknologi hari ini adalah membuat konten web menarik. Keberhasilan situs web Anda sebagian besar ditentukan oleh konten yang ada di dalamnya. Konten yang bagus akan memenangkan kepercayaan pelanggan dan menghasilkan lalu lintas ke situs web Anda.

Karena itu, penataan konten di situs Anda agar relevan dan mudah dikonsumsi akan berdampak tidak hanya kepada pemahaman pelanggan Anda tentang siapa Anda dan bagaimana mereka dapat berbisnis dengan Anda. Melainkan juga bagaimana perusahaan Anda bisa masuk ke jajaran atas mesin pencari besar seperti Google dan Bing.

Salah satu cara agar bisnis online Anda sukses adalah memiliki situs web yang meraih peringkat tinggi di mesin pencari untuk menarik pengunjung. Situs web Anda perlu mengonversi pengunjung menjadi pelanggan dengan meyakinkan mereka bahwa mereka harus berbisnis dengan Anda.

Untuk mencapai kedua tujuan tersebut konten Anda harus menarik dan dapat ditindaklanjuti, dapat mengekspresikan identitas Anda, menjelaskan apa yang Anda tawarkan, menjelaskan mengapa pengunjung harus membeli dari Anda, kaya akan kata kunci dan metadata. Selain itu, juga menyediakan link untuk membangun kredibilitas

Berikut ini adalah lima tips untuk membuat konten yang tepat untuk situs web Anda, seperti dilansir Verisign, perusaan teknologi penyedia layanan web dan keamanan.

1. Langsung Menuju Sasaran
Anda tidak boleh menganggap bahwa pengunjung akan membaca semua konten di halaman Anda. Banyak orang bahkan tidak sampai setengah jalan. Itulah sebabnya Anda perlu memasukkan informasi terpenting Anda di bagian atas dan memprioritaskan konten Anda dari sana. Konsep ini disebut piramida terbalik.

Piramida "terbalik" dapat dianggap sebagai segitiga sederhana dengan satu sisi digambar secara horizontal di bagian atas dan tubuh mengarah ke bawah. Bagian terluas di bagian atas mewakili informasi paling substansial, menarik, dan penting yang ingin disampaikan oleh penulis, yang menggambarkan bahwa materi semacam ini harus menjadi bagian awal dari artikel tersebut. Sementara bagian bawah yang meruncing menggambarkan bahwa materi lain harus diikuti seiring dengan berkurangnya kepentingan.

Gaya ini sangat populer di dunia jurnalisme karena hal ini mirip dengan struktur berita headline atau gaya berita teraktual. Gaya ini direkomendasikan untuk penulis konten web karena memiliki banyak manfaat bagi pembaca.

Dengan menggunakan gaya ini, mereka dapat dengan cepat memahami pokok permasalahan artikel. Saat Anda mulai menulis dengan informasi yang paling penting, menarik perhatian, luas jangkauannya, beberapa kalimat pertama di halaman web Anda akan berisi sebagian besar kata kunci yang relevan, dan dengan demikian dapat meningkatkan SEO Anda.

2. Bahasa yang Dapat Ditindaklanjuti
Beri tahu pengunjung Anda apa yang Anda ingin mereka lakukan dan gunakan ajakan yang kuat untuk melakukan tindakan seperti "Download formulir ini" atau "Pelajari lebih lanjut tentang produk ini." Konten yang dapat ditindaklanjuti adalah konten yang bagus dan ini membuat Anda menjadi lebih relevan.

3. Kalimat Pendek
Saat menulis untuk Web, jagalah agar tetap singkat dan sederhana. Internet bukanlah tempat untuk prosa yang indah. Itu berarti Anda perlu memilah-milah kalimat Anda ke hal-hal yang penting. Gunakan kata-kata yang Anda butuhkan agar orang-orang mengerti.

4. Kata Kunci untuk Optimisasi Mesin Pencari
Anda harus memastikan bila orang mencari kata kunci menggunakan mesin pencari seperti Google atau Bing, yang mereka temukan adalah alamat website Anda. Anda mungkin lebih baik tidak memilih kata kunci yang banyak dicari orang.

Karena justru taktik paling baik bagi Anda yang baru mulai menulis adalah memilih kata kunci di "bagian ekor" yang panjang (seperti misalnya "Bagaimana cara terbaik memotong bawang merah"). Mereka umumnya tidak banyak dicari orang tapi peluang Anda untuk dicari orang malah menjadi lebih tinggi.

5. Tulisan yang Dapat Dibaca Dengan Cepat
Bila masuk akal, buat daftar dan bukan paragraf. Ketika orang membaca konten di Internet, baik di laptop atau ponsel, mereka membaca informasi penting. Ini adalah trik lama yang digunakan oleh perancang iklan luar ruangan, seperti papan reklame.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari