Teori Planet Nibiru Tabrak Bumi dan Kiamat: Ini Prediksi Ilmuwan

Rabu 08 November 2017, 10:18 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kiamat pasti terjadi, tapi apakah penyebabnya Planet Nibiru? Kalau memang benar, bagaimana nasib bumi? Mari kita cari tahu jawabannya.

Salah satu teori tabrakan antar planet yang saat ini tengah ramai diperbincangkan adalah teori Planet X. Penganut Teori Planet X meyakini Nibiru mengorbit matahari setiap 3600 tahun sekali. Mereka juga mempercayai bahwa tahun ini atau tahun 2018 mendatang planet tersebut akan bertubrukan dengan bumi. Salah satu penggagas teori tersebut, Daniel Manson, menyatakan bahwa saat ini Planet Nibiru saat ini tersembunyi di balik Venus dan akan mencapai Bumi pada Mei 2018 mendatang.

Dalam sebuah hasil penelitian pada 2008 yang dipublikasikan University of California ditemukan sebuah bukti terjadinya tubrukan antara dua planet yang letaknya lebih dari 300 tahun cahaya dari bumi. Satu tahun cahaya sekitar 10 ribu triliun kilometer.

Dalam paper yang ditulis oleh profesor fisika Benjamin Zuckerman dan astronom Gregory Henry tersebut ditemukan bahwa peristiwa tabrakan menyebabkan sebuah bencana yang sangat dahsyat. "Itu seperti bumi dan Venus saling bertabrakan. Para astronom tidak pernah menyaksikan sesuatu seperti itu sebelumnya. Nampaknya tubrukan semacam itu dapat terjadi dalam sistem planet yang telah matang sekalipun," Ucap Zuckerman, seperti dikutip dari laman Express.co.uk.

Zuckerman juga menyatakan bahwa tubrukan sebuah asteroid jutaan tahun silam yang memusnahkan dinosaurus tidak sebanding dengan tabrakan antar planet. Artinya, jika Nibiru benar-benar menabrak bumi seluruh kehidupan dapat dipastikan mengalami kepunahan, sedangkan bumi secara instan akan berubah menjadi butiran debu.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah dua peneliti melakukan pengamatan terhadap partikel debu yang melingkupi bintang BD+20 307 yang terletak di konstalasi Aries. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bintang yang mereka asumsikan sebagai bintang muda ternyata telah berusia jutaan tahun. Debu yang melingkupi bintang tersebut menimbulkan kemungkinan adanya sistem planet yang matang mengelilingi bintang tersebut.

Namun menurut para ilmuwan, Nibiru tidak akan pernah menabrak bumi, mengingat teori tersebut hanyalah hoax yang mengatasnamakan ilmu pengetahuan. "Tidak ada bukti nyata akan keberadaan Nibiru. Tidak ada gambar, tidak ada jejak, dan tidak ada pengamatan astonomi. Dapat dikatakan Planet X atau Nibiru tidak benar-benar nyata dan tidak mengancam kehidupan di Bumi," Ucap David Morrison, Kepala Ilmuwan di NASA.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 09:15 WIB

6 Kebiasaan Ini Cepat atau Lambat Akan Menghancurkan Hidup Anda, Segera Hindari!

Kebiasaan yang buruk dalam hidup memang kerap menjadi lakon keseharian seseorang. Padahal, hal itu yang bisa menghancurkan masa depan hidupnya.
Ilustrasi. Kebiasaan buruk bisa menghancurkan hidup. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sehat29 Maret 2024, 09:00 WIB

Alternatif Obat Asam Urat, 7 Cara Membuat Rebusan Daun Sambiloto

Berikut ini cara membuat air rebusan daun Sambiloto untuk mengobati asam urat
Alternatif Obat Asam Urat, 7 Cara Membuat Rebusan Daun Sambiloto (Sumber : widyaherbal.id)
Life29 Maret 2024, 08:00 WIB

7 Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah

Orang introvert yang kecewa pada kita mungkin menjadi lebih tertutup dan kurang responsif terhadap komunikasi atau interaksi sosial.
Ilustrasi. Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)
Food & Travel29 Maret 2024, 07:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Meskipun makanan dapat memengaruhi mood, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan agar tidak stres.
Cokelat. Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi stres (Sumber : YouTube Home Cooking Adventure)
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue