Beberapa Spinner Dilaporkan Mengandung Timbel Beracun

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah laporan tak resmi kemungkinan memicu kekhawatiran bahwa fidget spinner, mainan terpanas tahun ini, bisa mengandung timbel berbahaya, sebagaimana dikutip Livescience, Jumat (9/6).

Laporan tersebut berasal dari Tamara Rubin, seorang advokat pencegahan keracunan timbel yang tidak berafiliasi dengan institusi universitas atau penelitian manapun. Timbel adalah logam yang sangat berguna, tapi juga beracun bagi manusia.

Rubin menguji beberapa spinner di rumahnya, menggunakan alat yang disebut spektrometer fluoresensi sinar-X, yang mengukur tingkat unsur dalam material. 

"Saya menyewa perangkat itu selama satu atau dua hari, dan kemudian saya menguji barang-barang konsumen untuk orang-orang dan membagikannya di video atau di blog saya," kata Rubin dalam sebuah video yang diposkan di Facebook di mana dia mendiskusikan temuannya.

Beberapa berita utama yang menarik perhatian baru-baru ini berasal dari temuan Rubin bahwa dua dari 11 spinner yang dia uji memiliki tingkat timbel yang sangat tinggi. Salah satu spinner yang dia uji, misalnya, memiliki lampu LED yang menyala saat mainan itu pecah. 

Ketika Rubin menguji baterai untuk lampu LED ini, dia menemukan bahwa mainan itu mengandung 19.000 bagian per juta (ppm) timbel. Rubin juga mengatakan bahwa dia mendeteksi timbel di bagian mainan yang memuat baterai.

Jumlah timbel yang dianggap aman untuk mainan anak-anak adalah 90 ppm atau 100 ppm, tergantung pada jenis produknya, menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen AS (CPSC).

Jika mainan mengandung timbel yang tidak aman, anak-anak bisa menelan timahnya, baik dengan meletakkan mainan di mulut mereka atau dengan menempelkan jari mereka saat menangani mainan dan kemudian memasukkan jari mereka ke mulut mereka. 

Timbel beracun bagi tubuh, dan dalam jumlah cukup tinggi, bisa menyebabkan kerusakan pada otak, hati dan ginjal, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meskipun berbagai laporan timbel dalam mainan anak-anak bisa menakutkan bagi orang tua, penting untuk diingat bahwa Rubin hanya menguji 11 spinner, dan hanya dua yang memiliki tingkat timbel tinggi. Temuannya belum direplikasi oleh orang lain dan belum diulas secara peer-review, menurut situs pengecekan fakta Snopes.

Namun, Rubin tidak mengecam semua spinner. "Rubin tidak pernah mengklaim bahwa semua spinner mengandung sejumlah timah berbahaya, juga tidak mendorong orang tua untuk membuang mainan ini karena menimbulkan ancaman mematikan pada anak-anak. Dia menguji beberapa perangkat dan mengklaim bahwa dia menemukan jumlah timel yang tidak biasa pada dua di antaranya," tulis Snopes.

Pada satu titik dalam videonya, Rubin memberi anaknya spinner yang berbeda, dan mengatakan kepada anaknyanya, "Ini, kamu bisa mendapatkan yang ini; bebas dari timbel."

 

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Keuangan28 Maret 2024, 15:15 WIB

Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil?

Warganet ramai membahas pajak penghasilan (PPh) pasal 21 dengan skema terbaru khususnya yang diterapkan pada bulan diterimanya THR 2024
Ilustrasi - Ramai Pajak THR 2024, Benarkah Tunjangan Hari Raya yang Diterima Pekerja jadi Lebih Kecil? (Sumber : Freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Staff/Crew di Gerai Es Krim, Penempatan Baros Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sehat28 Maret 2024, 14:51 WIB

Kolang-kaling Bisa Bikin Awet Muda? Ini 7 Manfaat Caruluk untuk Kesehatan!

Kolang Kaling atau buah Atap, juga disebut Caruluk oleh orang Sunda Sukabumi. Caruluk seringkali memang dijadikan penganan manis, terutama saat bulan puasa. Padahal, Kolang Kaling penuh manfaat jika dikonsumsi sehari-hari hingga mencegah penuaan dini.
Manfaat buah Kolang Kaling untuk kesehatan tubuh. Sumber foto : YouTube / Galeri Rasa Channel
Life28 Maret 2024, 14:34 WIB

5 Alasan Posisi Tidur Telentang Bikin Awet Muda Menurut Kesehatan

Posisi tidur dengan gaya telentang bisa membuat awet muda pada wajah. Maka dari itu, yuk coba membiasakan diri tidur dengan posisi telentang.
Ilustrasi. Posisi tidur telentang bikin awet muda. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat28 Maret 2024, 14:30 WIB

Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Berikut ini berbagai air rebusan yang dinilai bisa membantu menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk penderita hipertensi
Ilustrasi - Baik Untuk Penderita Hipertensi, 7 Air Rebusan Ini Bisa Bantu  Turunkan Tekanan Darah (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Food & Travel28 Maret 2024, 14:23 WIB

Manis dan Segar Banget! Intip Resep Es Kolang Kaling Cocopandan Untuk Takjil Puasa Ini

Kolang Kaling merupakan salah satu buah yang sering jadi olahan takjil puasa. Contohnya seperti resep Es Kolang Kaling Cocopandan ini.
Resep minuman manis dan segar, Es Kolang Kaling Cocopandan | Foto :  YouTube / Frisian Flag Indonesia
Sukabumi28 Maret 2024, 14:12 WIB

Paripurna DPRD: Bahas LKPJ Bupati Sukabumi 2023 dan Rencana Pembangunan Daerah

LKPJ yang disampaikan merupakan laporan penyelenggaraan urusan pemerintahan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan LKPJ tahun anggaran 2023 pada Rapat Paripurna DPRD di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Palabuhanratu, Kamis (28/3/2024). | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Sehat28 Maret 2024, 14:00 WIB

Mengenail Gamaphobia: Ketakutan untuk Menikah dan Berkomitmen dengan Seseorang

Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan.
Ilustrasi - Gamaphobia, juga dikenal sebagai gamophobia atau penophobia, merujuk pada ketakutan yang berlebihan atau fobia terhadap pernikahan. (Sumber : Pixabay.com/@trx555)
Jawa Barat28 Maret 2024, 13:43 WIB

Termasuk Sukabumi! 31 Titik Rawan Bencana di Jabar, Pemudik Wajib Waspada

Bencana banjir hingga longsor harus diwaspadai oleh pemudik.
(Foto Ilustrasi) Polisi telah melakukan persiapan pengamanan dan pemetaan titik di jalur mudik Jawa Barat yang rawan. | Foto: Istimewa
Food & Travel28 Maret 2024, 13:30 WIB

Obyek Wisata Tertua di Kuningan Punya Koleksi Ikan Keramat dan Sumur Kejayaan

Objek wisata Cibulan menjadi salah satu destinasi wisata unik dan menjadi tempat wisata tertua yang ada di Kuningan
Objek wisata Cibulan menjadi salah satu destinasi wisata unik dan menjadi tempat wisata tertua yang ada di Kuningan (Sumber : Istimewa)