Menanti Andil Parpol Non-Parlemen Menangkan Jagoannya di Pilkada Sukabumi

Jumat 04 September 2020, 06:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selain sembilan partai politik (parpol) yang kini menguasai 50 kursi di DPRD Kabupaten Sukabumi, masih ada kekuatan akar rumput dari delapan parpol non-parlemen peserta Pileg 2019 lalu. Delapan parpol non-parlemen di Kabupaten Sukabumi itu diantaranya PBB, Partai Perindo, PSI, Partai Gelora, Partai Berkarya, PKPI, Partai Garuda, dan Partai Hanura.

Delapan parpol non-parlemen tersebut mulai bergeliat, merapatkan barisan kepada tiga bakal pasangan calon yang akan berkontestasi di Pilkada Sukabumi. Baik kepada pasangan Adjo - Iman, Abu Bakar - Sirojudin, maupun Marwan - Iyos.

BACA JUGA: Pendaftaran Paslon di Pilkada Kabupaten Sukabumi Dikawal Ketat Dua Polres

Kekinian, Partai Perindo, Partai Gelora dan Partai Berkarya merapat ke Adjo - Iman. PBB merapat ke Abu Bakar Sidik - Sirojudin. Kemudian PKPI merapat ke Marwan - Iyos.

Contohnya Partai Gelora. Partai besutan eks politisi PKS, Fahri Hamzah itu sudah menyatakan komitmen mendukung pasangan Adjo Sardjono - Iman Adinugraha, dan bahkan sudah ikut bergabung dalam koalisi pengusung Adjo - Iman, yakni Partai Gerindra dan PAN.

BACA JUGA: KPU: Wajib Uji Swab, Paslon yang Positif Corona Bisa Daftar Pilkada Sukabumi Secara Online

"Gelora sudah melakukan kajian dan pencermatan. Hasilnya, dua hari yang lalu, Partai Gelora Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungan kepada pasangan calon Adjo - Iman. Partai Gelora sudah memiliki blueprint atau desain pemenangan. Bukan sekedar bergabung, tapi juga ikut membawa rancangan dan mesin pemenangan," ujar Ketua DPD Partai Gelora Kabupaten Sukabumi, Ayi Abdullah saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Kamis (3/9/2020) malam.

Lanjut Ayi, ada dua hal yang membuat Gelora sebagai parpol baru, condong mendukung Adjo - Iman. Pertama kesepahaman dengan calon kepala daerahnya, kedua lingkungan koalisi yang sehat dan menjunjung tinggi ruang untuk bertumbuh.

"Kedua hal itu ketika kita apply ada di pasangan Adjo - Iman. Gelora punya peta dasar tentang politik Sukabumi terupdate hari ini. Apalagi masyarakat hari ini cenderung memperlihatkan kemandirian dalam berpolitik. Itulah yang ditawarkan Gelora dalam rangka memenangan pasangan Adjo - Iman," tandasnya.

BACA JUGA: Buat Paslon dan Pendukung di Pilkada Sukabumi, Simak Protokol Ini Sebelum Daftar ke KPU

Lain halnya dengan Partai Bulan Bintang (PBB), yang lebih memilih untuk mendukung pasangan Abu Bakar Sidik - Sirojudin. Ketua DPC PBB Kabupaten Sukabumi, Ahmad Fakhrizal menyebut, pasangan Abu Bakar Sidik - Sirojudin beserta partai koalisinya, yakni PDIP, PKB, PPP memberikan ruang bagi PBB.

"Sukabumi yang dikenal dengan daerah santri dan religiusnya cocok dipimpin ulama yang intelek seperti Kang Bakang (sapaan akrab Abu Bakar Sidik). Kemudian, luasan Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari 47 Kecamatan, cocok untuk anak muda yang masih banyak tenaga seperti Kang Sirojudin," kata Ahmad.

BACA JUGA: Besok Pendaftaran Pilkada 2020 Dibuka, Tito: Tidak Boleh Ada Konvoi

Sementara, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kabupaten Sukabumi lebih memilih untuk mendukung pasangan Marwan Hamami - Iyos Somantri. Ketua DPK PKPI Kabupaten Sukabumi, Herman menilai Kabupaten Sukabumi di bawah kepemimpinan Marwan - Adjo cukup sukses membangun Sukabumi.

"Pembangunannya sudah terasa oleh masyarakat. Contohnya, saya sebagai warga Pajampangan, sangat merasakan mulai dari pembangunan infrastruktur, pertanian dan sebagainya. PKPI memiliki basis massa sendiri, khususnya di wilayah Sukabumi selatan dan akan membantu perolehan suara Marwan - Iyos," ujar Herman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 08:38 WIB

DPRD Minta DLH Pikirkan Solusi Soal Masalah Sampah di Sagaranten Sukabumi

Menurut Budi, masalah sampah bukan hanya terjadi di Kecamatan Sagaranten.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. | Foto: SU
Life19 April 2024, 08:19 WIB

Cukup 4 Bahan, Asam Urat Minggat! Yuk Bikin Minuman Herbal Ala Zaidul Akbar

Asam urat memiliki gejala yang membuat persendian nyeri saat kambuh.
Resep minuman herbal cuma 4 bahan untuk atasi asam urat ala Zaidul Akbar. | Foto: Freepik.com/8foto
Life19 April 2024, 08:12 WIB

Asam Urat Kambuh Setelah Lebaran? Bikin Minuman Herbal Sederhana Ala Zaidul Akbar Ini

Penyakit asam urat yang kambuh setelah lebaran pasti membuat Anda tidak nyaman dan tubuh terasa tidak enak.
Resep minuman herbal sederhana ala Zaidul Akbar yang dapat meredakan asam urat saat kambuh. | Foto: Freepik.com/jcomp
Sehat19 April 2024, 08:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Gula Darah

Sobat Sehat Merapat! Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah.
Bola Sarden. Olahan Ikan. | Contoh Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah. Foto: YouTube/MamaSuka Indonesia
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather