Menu

20 Nov 2019, 20:22 WIB

Hejo Ludeung Beri Kursi F1, Gerindra Siapkan Skenario Buat Pilkada Sukabumi 2020

(Dari kiri) Sekretaris DPC Partai Gerindra Agus Firmansyah, Ketua DPC PKB Asep Supriatna, Ketua DPC Partai Gerindra Yudha Sukmagara, Kader Partai Gerindra Agus Zen Nurahray. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi, Agus Firmansyah menyambut terbuka soal tawaran Hejo Ludeung (PKB-PPP) yang mempersilahkan Gerindra untuk menunjuk calon Bupati di Pilkada 2020 mendatang. Apalagi, lanjut Agus, masing-masing ketua partai sedang sama-sama menjalin komunikasi.

BACA JUGA: PAN PKS Bermanuver di Pilkada Sukabumi 2020, PKB: Hejo Ludeung Beri Kursi F1 Ke Gerindra

"Pada prinsipnya Partai Gerindra terbuka, baik dengan Hejo Ludeung maupun dengan partai lainnya. Tapi memang sekarang ini masing-masing pimpinan Partai Gerindra, PKB dan PPP sedang menjalin komunikasi langsung. Intinya ingin sama-sama membangun Sukabumi," kata Agus kepada sukabumiupdate.com, Rabu (20/11/2019) malam melalui sambungan telepon.

BACA JUGA: PKS Incar Kursi Bupati, Priyo: Marwan dan Adjo Belum Kantongi Syarat Kemenangan

Namun, lanjut Agus, usulan tersebut masih berupa wacana. Belum ada keterikatan komitmen secara tertulis. Meski demikian, Gerindra membuka pintu apabila akhirnya komitmen terjalin, hingga Gerindra dan Hejo Ludeung bisa berkoalisi untuk mengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2020.

"Kalau memang ini sudah jadi komitmen bersama, Gerindra akan merekomendasikan ke DPP. Baru komunikasi tingkat kabupaten. Tak menutup kemungkinan juga Gerindra berkomunikasi dengan partai lain, ini masih dinamis. Kita masih mencari komposisi yang paling ideal. Hasil penjaringan kemarin juga jadi barometer," lanjutnya.

BACA JUGA: PAN Dukung Marwan di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Pengamat Politik: Iman Lihai

Ditanya kemungkinan membuka pintu koalisi dengan partai lain, Agus memetakan bagaimana Gerindra akan memposisikan diri. Apakah mengusung calon bupati atau wakil bupati. 

"Posisi bargainnya nanti bagaimana? Contoh dengan Partai Golkar, enggak mungkin kita paksakan Gerindra di Bupatinya, sementara Pak Marwan wakilnya. Kalau dengan Golkar, berarti Gerindra posisinya di wakil. Kalau dengan partai lain mungkin bisa. Tapi dari komunikasi, dengan semua partai politik terbangun," imbuhnya.

BACA JUGA: Dibalik Dukungan PAN Untuk Marwan Hamami Dua Periode di Pilkada Sukabumi

Melihat dinamika politik yang ada, Agus menyebut Gerindra sudah menyiapkan berbagai rencana dalam melihat skenario politik. Gerindra bahkan sudah mempersiapkan figur internal bilamana skenarionya harus mengusung Wakil Bupati. Namun demikian, Agus optimis Gerindra bisa menang di Pilkada Kabupaten Sukabumi, berkaca dari keberhasilan Pileg 2019.

"Kembali lagi, kalau langkah awal kalau melihat safari politik Pak Ketua, banyak dibangun dengan partai berbasis islam. Salah satunya Hejo Ludeung. Yang baru menawarkan Hejo Ludeung, yang lain belum ada komunikasi. Hejo Ludeung sudah datang ke sekretariat partai kami. Partai lain nampaknya masih menahan," tandasnya.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Truk pengangkut alat berat oleng hingga menghantam pohon randu di Jalan Raya Tamanjaya-Palangpang, tepatnya di Tanjakan Cipeucang, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (15/12/2019) pagi sekitar...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah studi yang diterbitkan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) mengungkapkan bahwa gletser atau salju Puncak Jaya Papua, Indonesia, akan mencair dan menghilang dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Musim hujan harus diwaspadai dan diantisipasi oleh pengguna sepeda motor. Tidak hanya soal perlengkapan jas hujan, namun juga sejumlah masalah yang akan muncul saat musim hujan tiba....

SUKABUMIUPDATE.com - Para arkeolog menemukan sembilan batu berukir misterius yang tersebar di sekitar perapian kuno di Daratan Orkney, kepulauan di lepas pantai Skotlandia. Batu-batu itu diperkirakan berasal dari 4.000...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya