Menu

01 Mei 2019, 11:48 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Ikuti Rekomendasi Bawaslu Soal Hitung Ulang Seluruh Kecamatan

Petugas PPK tiap Kecamatan saat melakukan penyalinan berkas. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2019 tingkat Kabupaten Sukabumi bisa kembali dilanjutkan. 

Rapat pleno rekapitulasi dihentikan setelah adanya surat rekomendasi Nomor: 167/BawasluProv.Jb/XVI/HN/02.00.4/2019 tertanggal 29 April 2019 perihal Rekomendasi Proses Penghentian Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di Tingkat KPU Kabupaten Sukabumi. 

Poin dalam rekomendasi Bawaslu itu merekomendasikan agar dilakukan rekapitulasi ulang di tingkat kecamatan karena saat pelaksanaannya tidak menampilkan DA 1 Plano. Catatan lain dari Bawaslu, yakni KPU Kabupaten Sukabumi tidak membacakan satu per satu TPS saat digelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. 

Padahal dalam PKPU bahwa LCD Projektor bisa menggantikan yang namanya DAA 1 dan DA 1 Plano. 

"Ini rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten Sukabumi untuk menyempurnakan prosedur, kita sedang melaksanakannya setelah itu bisa melanjutkan rekapitulasi. Jadi sebenarnya ini persepsi yang berbeda antara kami (KPU) dan Bawaslu. Bahwa di dalam PKPU 4 2019 itu kan (ada) pilihan mau di formulir secara hardcopy atau di tampilkan di dalam layar. Nah kita memilih di dalam layar. Sedangkan Bawaslu itu menghendaki harus disalin ke dalam DAA plano hard copy," ujar Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman kepada sukabumiupdate.com, Selasa (30/4/2019).

Dengan demikian, yang akan dilakukan adalah menyalin dari soft copy ke hard copy keseluruhan DAA 1 Plano dan DA 1 Plano. "Setelah itu bisa dilanjutkan rekapitulasi. Untuk penyalinan sudah selesai sekarang juga," singkat Ferry.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sepatu hak tinggi bisa menambah keanggunan perempuan. Sayangnya, sepatu jenis ini tak hanya membatasi gerak pemakainya, tapi juga dapat mengganggu kesehatan.  Eric Baskin, ahli penyakit kaki di Southern...

SUKABUMIUPDATE.com - Makanan yang dikonsumsi anak akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Itu sebabnya perlu memberikan mereka makanan yang sehat sejak dini.  "Anak-anak perlu tahu bahwa setiap makanan yang mereka masukkan ke...

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena langit puncak hujan meteor perseid akan terjadi Selasa, 11 Agustus 2020. Peneliti Pusat Ilmu Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rhorom Priyatikanto menerangkan bahwa hujan...

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa waktu lalu viral hidangan pangsit goreng le gino yang cita rasanya begitu menggugah selera. Untuk mendapatkan sepiring pangsit goreng le gino ini, beberapa orang bahkan rela...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya