Menu

Rabu, 24 April 2019, 07:10 WIB

LCI Sukabumi Sebut Akan Ada Perubahan Susunan Kursi Parlemen

Logo Luigi Center Institute atau LCI Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga kajian Luigi Center Institute atau biasa disingkat LCI Sukabumi memaparkan perolehan suara sementara pada Pemilu Legislatif 2019 di Kabupaten Sukabumi. Founder LCI Sukabumi, Lidia menjelaskan, Pemilu serentak tahun ini membawa dampak yang cukup signifikan terhadap susunan kursi di DPRD Kabupaten Sukabumi, DPRD Provinsi Jawa Barat, hingga ke DPR RI.

BACA JUGA: Ini Dia! 8 Caleg Dapil 1 Kabupaten Sukabumi yang Melenggang ke Jajaway

Lidia menyebut, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan susunan kursi parlemen tersebut. Diantaranya Pilpres Effect dan mesin politik masing-masing parpol. Namun, salah satu faktor yang cukup dominan adalah Pilpres Effect.

"Pada Pemilu tahun ini terjadi tsunami politik atau Pilpres Effect. Untuk Kabupaten Sukabumi, efek positifnya ke partai pendukung 02, yang menurut perolehan data sementara cukup mendominasi di Kabupaten Sukabumi. Baik untuk DPRD Kabupaten Sukabumi, DPRD Provinsi Jawa Barat, maupun DPR RI," ungkap Lidia kepada sukabumiupdate.com, Selasa (23/4/2019).

Hal itu, lanjutnya, berdasarkan pengambilan data di 1.500 TPS yang tersebar di 47 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi. Hingga Selasa sore, data yang masuk sudah mencakup 37 kecamatan. Pengambilan data mengacu pada kertas C1 Plano dengan margin error di angka 5-10 persen.

"Kita datangi sejumlah TPS di masing-masing kecamatan, tidak semuanya, hanya beberapa kita ambil sebagai sampling. Dan hasilnya, di tiga urutan teratas ada Partai Gerindra, Partai Golkar dan PKS," lanjut Lidia yang pernah menjabat sebagai Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi tersebut.

BACA JUGA: 404 Caleg di Kota Sukabumi Dipastikan Kalah, Ini Ketentuannya!

Lidia menyebut, sebagai lembaga kajian lokal, LCI Sukabumi hanya fokus ke Pileg saja. Ia mempersilahkan bagi yang ingin mengakses informasi untuk menghubungi hotline di nomor 0813-8242-8422. LCI Sukabumi membuka ruang bagi parpol maupun caleg yang ingin berkonsultasi secara profesional. Namun, Lidia menegaskan, LCI Sukabumi tidak berafiliasi dengan parpol atau caleg manapun.

BACA JUGA: Gudang Logistik PPK Cibeureum Bocor, Rapat Pleno Bubar

"Data selanjutnya, yang paling baru akan segera kami kabarkan. Terakhir, kita beri apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara maupun pengawas yang sudah bekerja dengan sangat baik dan berhati-hati dalam menjalankan tugasnya. Semoga Pemilu tahun ini di Kabupaten Sukabumi bisa berkeadilan untuk semua pihak," tutup Lidia.

Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bawaslu Kabupaten Sukabumi melakukan pemanggilan tahap 1 kepada saksi dan pelapor terkait dugaan praktik money politic atau politik uang salah satu caleg di Dapil II, Kamis (25/4/2019). Ketua...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya