Siapa Presiden dan Wakil Rakyat Pilihan 13 ODGJ di Palabuhanratu?

Selasa 16 April 2019, 11:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 13 orang dengan ganggan jiwa (ODGJ) binaan Panti Sosial Aura Welas Asih (PS AWA) di jalan pelita Kampung Cipatuguran Goa Lalai RT 05/06, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi siap menyalurkan suaranya pada pemilu 2019. Ketua yayasan Panti Sosial Aura Welas Asih, Deni Solang mengatakan 13 orang ini sudah terdata dan dinyatakan berhak menyalurkan aspirasi politiknya.

Menurut Deni ada 10 orang warga binaan lain nya yang seharusnya sudah bisa ikut pemilu namun karena tidak terdaftar dan tidak memiliki form A5 dan telat diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Awalnya 18 orang menjadi 13 yang 5 sudah sembuh sudah kembali ke kelurga dan mereka pun akan ikut pencoblosan di rumahnya masing masing," ujarnya Selasa (16/4/2019).

BACA JUGA: KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi Siap Data ODGJ, Ini Syaratnya!

Ke 13 orang warga binaan PS AWA tersebut Rabu (17/4/2019) akan melakukan pencoblosan di TPS 23 Desa Jayanti tepatnya depan Goa Lalay, Kecamatan Palabuhanratu.

 "Mereka dinyatakan bisa menyalurkan hak politik dan dan punya E KTP," jelasnya.

Menurut Deni memang ada beberapa kriteria yang diberikan kepada 13 orang warga binaanya sehingga memiliki hak pilih. Kondisinya sudah mulai pulih, sudah bisa mengurus diri sendiri, sudah bisa melakukan latihan kerja seperti membuat keset, tidak gelisah dan bisa diajak berkomunikasi.

 "Warga umum jangan takut bila mereka yang merupaka warga binaan nya ikut memilih, karena memang sudah punya Hak yang dilindungi oleh undang undang. Panti hanya bantu untuk menjalankan haknya dan apapun pilihan nya tetap rahasia di bilik suara dan panti tetap netral terserah mereka mau piliha siapa, panti tidak ada intervensi atau arahan kepada mereka," pungkasnya.

Siapa yang akan dipilih ke 13 ODGJ ini dalam pemilu, Deni Solang menyatakan tidak bisa mengintervensi. “Mereka sudah diberi penyuluhan singkat, dan mereka siap memilih,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)