Menu

04 Mar 2019, 16:32 WIB

Sortir Lipat Surat Suara, Melihat Pengawasan dan Pengamanan di Gudang KPU Kabupaten Sukabumi

Proses sortir lipat surat suara pemilu 2019 di gudang logistik KPU Kabupaten Sukabumi, Senin (4/3/2019). | Sumber Foto:Ruslan AG

 

SUKABUMIUPDATE.com - Proses sortir lipat surat suara pemilu 2019 di gudang logistik KPU Kabupaten Sukabumi mendapat pengawasan yang ketat. Selain di dalam, luar gudang logistik yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cibadak, mendapatkan pengamanan 24 Jam dari petugas kepolisian, KPU dan Bawaslu.

Pantauan sukabumiupdate.com, petugas sortir lipat diperiksa sebelum memasuki gudang logistik. Tas, jaket dan handphone serta barang lainnya disimpan di pos pengamanan polisi.

Di dalam gudang logistik ada 60 meja, permejanya diisi oleh 10 orang petugas sortir lipat. Ada 630 lebih petugas sortir lipat, dan beberapa diantaranya bertugas menjadi quality control (QC) serta supervisor.

BACA JUGA: Cerita Ida, Kerja Lipat dan Sortir Surat Suara Sejak Gudang Logistik KPU di Palabuhanratu

Koordinator Divisi (Kordiv)Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Sukabumi Ayi Saepudin mengatakan, surat suara yang disortir dan dilipat itu sudah melewati proses quality control (QC).

"Sehingga diharapkan jika ada surat suara yang rusak dapat tersisihkan," ujar Ayi, Senin (4/3/2019).

Selain petugas QC, ada bagian lainnya yaitu supervisor yang bertanggung jawab mengatur distribusi surat suara yang telah selesai dan dibawa keruangan pengumpulan. 

"Supervisor ini bertugas mengawasi dua meja yang berisi 20 orang petugas sortir lipat, hingga ke ruang pengumpulan," bebernya.

BACA JUGA: Cek Sortir Surat Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Sukabumi, Marwan: Sepele Tapi Tanggung Jawabnya

Untuk keamanan, pihaknya menyiapkan petugas dari KPU yang sudah memiliki Kelompok kerja (Pokja), yang terdiri dari lima orang. 

"Pokja ini bertugas perhari masing-masing lima orang, dibantu dari kepolisian yang berjaga 24 jam. Ini merupakan kehati-hatian kita menjaga surat suara ini, bahwa surat suara ini harus dijaga dan kita amankan sehingga pada saatnya nanti tanggal 17 April tidak ada indikasi surat suara yang rusak," pungkasnya.

 

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

Oleh: Leni Nopitasari (Mahasiswi Univerisitas Nusa Putra, Prodi Manajemen) Menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), kenaikan tarif tol karena berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruhi inflasi. BPJT juga berwenang untuk...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Jawa Barat Hendar Darsono mengatakan, Pansus terus melakukan pembahasan Raperda Pusat Pasar Distribusi. Menurut Hendar, dalam rapat Raperda Pasar Pusat Distribusi, di UPTD Balai...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut tidak boleh apabila meniru negara pada zaman Nabi Muhammad SAW. Mendengar hal tersebut, Wakil Ketua Komisi...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Panitia Khusus II (Pansus II) DPRD Jawa Barat, H. A Sopyan BHM mengatakan semangat utama dari Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pusat Distribusi Provinsi yang masih dibahas...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya