Debat Pilpres Jilid Satu Dimata Organ Ekstra Mahasiswa Sukabumi

Jumat 18 Januari 2019, 15:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Empat organ ekstra mahasiswa di Sukabumi, menyampaikan pandangannya tentang gelaran debat Pilpres 2019 putaran pertama yang diselenggarakan pada, Kamis (17/1/2019) kemarin. Empat organ ekstra mahasiswa tersebut diantaranya Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Mereka menilai, debat putaran pertama kurang begitu memenuhi ekspetasi publik, dari mulai gagasan, penyampaian, visi misi daripada tema debat putaran pertama yakni tentang Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi dan Terorisme.

Menurut mereka, pada iklim demokrasi, debat calon presiden dan wakil presiden seharusnya dijadikan sebagai ajang pertarungan ide dan gagasan yang ditawarkan kepada publik, sehingga publik mampu menilai siapa yang lebih layak untuk memimpin negara ini dari kedua pasangan calon tersebut. Namun nyatanya, debat semalam tidak merepresentasikan itu semua.

Ketua GMNI Sukabumi, Abdullah Masyhudi, menuturkan, pihaknya menyoroti tentang isu Terorisme dan Radikalisme. Menurutnya, belum ada statment yang kongkrit di antara kedua paslon dalam menyampaikan pentingnya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam gagasan dan penyampaian yang kedua paslon sebutkan di debat semalam.

“Padahal Pancasila merupakan dasar negara kita, ideologi kita, Pancasila bisa menjadi filter bagi masuknya paham-paham seperti terorisme dan radikalisme. Saya rasa kedua paslon belum menyampaikan hal tersebut dengan jelas dan kongkrit,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/1/2019).

Sedangkan Ketua PMII Sukabumi, Budiman, menyoroti tentang isu HAM dalam debat semalam. Menurutnya, melihat rentetan sejarah bangsa Indonesia di masa lalu dan sekarang, masih banyak kasus pelanggaran-pelanggaran HAM yang belum terselesaikan.

"PMII menginginkan siapapun calon presiden yang terpilih nanti dapat mengambil tindakan dan peneggakan hukum terkait permasalahan HAM di wilayah Indonesi. Mengacu pada amanat reformasi, bahwa hukum harus ditegakan dengan seadil-adilnya, baik pembuat dan penegak hukum,” tegasnya.

BACA JUGA: Dari Masjid Agung, Sandi Mulai Safari Politik Jilid Dua di Sukabumi

Selain itu, Ketua KAMMI Sukabumi, Oksa Bachtiar Camsyah, menyoroti tentang isu korupsi dalam tema debat semalam. Menurutnya, berbicara tentang korupsi, pihaknya menyoroti sebuah praktik perskongkolan individu ataupun kelompok dalam usaha untuk mendapatkan keuntungan pribadi melalui cara-cara yang ilegal dan tentunya merugikan negara.

“Bahkan tak jarang, praktik perskongkolan tersebut sudah mulai bergeser dengan pemanfaatan instrumen penyelenggaraan negara,”terangnya.

Sementara itu, Ketua HMI Sukabumi, Dede Irpan Apriandi, menyoroti tentang isu Hukum. Ia menilai kasus hukum negeri ini tidak mudah untuk bisa di selesaikan.

“Kedua paslon sudah memberikan pandangan tentang itu dengan waktu yang singkat. Tentu, kami merasa tidak mendapat jawaban konkrit mengenai solusi penangganan hukum tentunya,” singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 18:31 WIB

Analisis Reaksi Pasca Indonesia Tekuk Korsel; Netizen Antusias dengan Capaian Timnas U-23

Tim Nasional Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) melalui drama adu penalti dengan skor 10-11 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat (26/4)
Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 setelah membekuk Korea Selatan (Korsel) | Foro : Ist
Bola26 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1 Pekan ke-33

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara RANS Nusantara vs Persija Jakarta berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).