Nelayan Palabuhanratu Minta Si Pudji Jadi Dewan Pembina

Jumat 19 Oktober 2018, 01:18 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Jawa Barat IV, Irjen Pol Drs Pudji Hartanto Iskandar, MM melakukan silaturrahim ke markas Nelayan Palabuhanratu di Jalan Pelita, Kampung Cemara, Palabuhanratu, Kamis sore (18/8/2018).

Pudji tiba bersama rombongan di lokasi sekitar pukul 15.00 WIB. Ada sekitar 70 orang perwakilan nelayan yang menghadiri acara silaturrahim di Koperasi Usaha Bersama (KUB) Marlina Jaya Bina Nusantara tersebut. Mereka datang dari sejumlah titik kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Dalam kesempatan itu, Pudji menyampaikan niatannya untuk maju sebagai anggota DPR RI. Kepada para nelayan, dia juga berharap agar silaturrahim ini terus berlangsung, bukan hanya di masa kampanye legislatif.

“Saya harap silaturrahim kita tak putus, karena ini pertemuan pertama dan Insya Allah masih ada pertemuan-pertemuan setelah ini,” terang Pudji disambut jawaban “iya” kompak dari para nelayan.

Pudji Hartanto ngaliweut bersama nelayan Palabuhanratu.

Pertemuan berlangsung hangat. Kepada para nelayan, Pudji juga sempat menceritakan perjalanan kariernya sebelum memutuskan untuk maju sebagai legislator dari partainya Surya Paloh.

“Saya pada tahun 2012 sampai 2014 pernah menjabat sebagai Kakorlantas Polri, kemudian sebelum pensiun saya juga dipercaya menjadi Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebelum menjadi Kakorlantas, saya juga sempat menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan ,” urai caleg dengan slogan Si Pudji Bakal Dongkap ini.

BACA JUGA: Pudji Sodok Posisi Satu Polling Strawpoll untuk DPR RI dari Dapil Sukabumi

Untuk diketahui, sebelum pensiun, Pudji juga pernah menjabat sederet jabatan penting. Mulai dari Kapolda Kepri, Staf Ahli Kapolri bidang manajemen, hingga Gubernur Akpol.

Di pertemuan tersebut, Pudji juga mempersilahkan para nelayan untuk menyampaikan keluh kesah yang dialami selama ini.

“Bantuan jaring (dari pemerintah, red) jangan sampai salah penyaluran. Kita masih jarang dapat (jaring, red). Kita ingin bantuan yang diberikan dari pemerintah tepat sasaran. Selama ini banyak bantuan yang tidak sampai ke nelayan. Ada juga nelayan itu-itu saja yang dapat bantuan,” kata salah seorang perwakilan nelayan, Abdul Manan (62).

Kepada Manan, Pudji yang pernah menjadi ajudan Wakil Presiden Hamzah Haz ini, menyampaikan sejumlah solusi atas kesulitan tersebut. Salah satunya dengan melakukan pendataan penerima bantuan sebelum mengajukan proposal kepada pemerintah.

“Solusinya, data bapak-bapak yang membutuhkan jaring. Jadi sebelum dikasih sudah ada pengajuan yang disampaikan ke pemerintah. Misal, ada seribu orang penerima dengan namanya. Kemudian pemerintah mempelajari. Kalau kebutuhan 500 jaring tahap pertama, maka nanti di bantuan kedua, penerima mulai dari urutan 501 sampai 1000. Jadi datanya akurat,” terang Pudji disambut tepuk tangan para nelayan.

Dalam kesempatan tersebut, Pudji juga diminta para nelayan untuk menjadi Dewan Pembina KUB Marlina Jaya Bina Nusantara.

BACA JUGA: Pudji Bicara Potensi Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Selama ini, para nalayan merasa masih mengalami sejumlah kendala dikarenakan tidak adanya dewan pembina.

Salah seorang perwakilan nelayan, Tandim (47) sangat berharap Pudji bersedia untuk membina para nelayan agar dapat terbebas dari masalah yang selama ini terjadi.

“Kami sangat berharap bapak mau menerima permohonan kami,” harap Tandim yang sudah menjadi nelayan sejak usia belasan ini.

Hal yang sama juga diutarakan oleh pimpinan KUB Marlina Jaya Bina Nusantara, Mukhamad Aditya.

Pria yang disapa Kampak ini berharap, dengan menjadi dewan pembina, Pudji bisa meningkatkan taraf ekonomi para nelayan, utamanya di kampung cemara.

“Kami berharap pak Pudji bisa mengarahkan dan membina para nelayan agar kehidupan ekonominya bisa meningkat,” terang dia di lokasi yang sama.

Pudji mengaku sangat siap untuk membina para nelayan di KUB itu.

BACA JUGA: Gelang Bahar dan Sadudulur Dukung Pudji untuk Sukabumi Kahiji

“Kalau memang itu bisa menjadi keinginan ibu bapak, insya allah kalau itu diinginkan saya diundang lagi ke sini. Kita laksanakan,” terang dia.

“Jadi saya siap jadi pembina dengan catatan benar-benar diminta oleh bapak-bapak nelayan. Jangan sampai nanti masih ada yang engggak setuju,” timbal Pudji.

Dia juga dengan tegas mengatakan, ingin benar-benar menjadi Wakil dari para nelayan apabila nanti terpilih menjadi anggota legislator. Pudji tidak ingin menjadi anggota DPR RI yang tidak melaksanakan amanah rakyat, termasuk nelayan Cemara.

“Jadi bapak-bapak kalau ada permasalahan enggak perlu jauh-jauh ke saya. Bisa ke saya, staf saya. Jadi jarum jatuh pun saya bisa mendengar,” terangnya.

Selain guyub bareng dengan para warga dan nelayan tradisional, Pudji juga menyempatkan makan nasi liwet di lokasi.

Bersama para warga, Pudji terlihat sangat gembira bisa merasakan langsung kehidupan para nelayan. Silaturrahim ini ditutup dengan foto bareng para nelayan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )
Bola25 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Duel Dua Tim Papan Atas!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Nabi Sulaiman untuk Memohon Dibukakan Pintu Rezeki dan Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT.
Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT. | Sumber: Freepik.com
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)