Menu

02 Apr 2018, 19:59 WIB

KPU Kota Sukabumi Temukan 747 Pemilih Miliki NIK Ganda

Ilustrasi e-KTP. | Sumber Foto:Dok. sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menemukan sebanyak 747 pemilih ganda. Hal tersebut berdasarkan persamaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ditemukan dari hasil data sinkronisasi pengecekan data nasional Sistem informasi data pemilih (Sidalih).

"Pemilih ganda tersebut tersebar di tujuh kecamatan di Kota Sukabumi, bahkan paling banyak di Kecamatan Warudoyong," ujar Komisioner Divisi Perencanaan, Program dan Data, KPU Kota Sukabumi, Harlan Awaludin Kahar kepada sukabumiupdate.com, Senin (2/4/2018).

BACA JUGA: Jemput Bola Rekam E-KTP, UPTD Dukcapil Jampangkulon Sukabumi Datangi Sekolah

Menurutnya, selain antar kecamatan di Kota Sukabumi, pemilih ganda juga terjadi antar kota dan kabupaten. "Ada satu pemilih ganda dari Kota dan Kabupaten Sukabumi. NIK-nya sama tapi data berbeda. Hal itu bisa saja terjadi dari kesalahan saat penginputan NIK," paparnya.

Semua permasalahan pemilih ganda tersebut, kata Harlan, sudah diselesaikan atau terinventarisir baik pemilih ganda di Kota Sukabumi ataupun dengan daerah lain.

BACA JUGA: Sebanyak 9 Persen Warga Kota Sukabumi Belum Miliki KTP

"Meskipun demikian, hingga saat ini KPU melalui PPS terus menunggu tanggapan masyarakat, terutama terkait permasalahan di dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS)," ucapnya.

Lebih lanjut Harlan menjelaskan,  sebelum pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP), masyarakat masih bisa memberikan tanggapan. Selain itu PPS bersama PPK, dan KPU juga mengunjungi pemilih yang belum terdaftar dalam DPS.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Pondok Pesantren Al Masthuriyah, Cibolang, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2020). Selain kunjungan ke salah satu pesantren...

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Jokowi disebut sudah membeli sapi kurban jenis simmental. Dilansir suara.com, sapi itu dibeli dari peternak asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, seharga Rp 87 juta. Adalah Rika...

    SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Koperasi Industri Kerajinan Rakyat (Kopinkra) Kabupaten Sukabumi, Asep Rohendi, mempertanyakan progres produksi cangkul yang salah satunya digandang-gadang akan dikembangkan di Cibatu Kecamatan Cisaat untuk menangkis serbuan...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri melakukan monitoring menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di wilayah Kecamatan Cibadak, Rabu (8/7/2020). Pria yang juga menjabat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya