Situasi Terkini Loji Sukabumi, Hati-hati! BMKG Sebut Masih Rawan Longsor

Kamis 24 Desember 2020, 04:14 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah sempat tertutup material longsor berupa tanah dan bebatuan, ruas jalan Simpenan Loji -  Kiara Dua Kabupaten Sukabumi akhirnya kembali bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat dengan sistem buka tutup.

"Kami di sini 1x24 jam, sekarang sudah 50 persen tumpukan material longsor dibersihkan dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, namun dengan sistem buka tutup," kata Danramil 2202 Palabuhanratu Kapten Inf Budi Hadi Priyadi, Kamis (24/12/2020).

Budi menjelaskan, akses jalan tersebut kembali dibuka sejak Kamis pagi sekira pukul 04.00 WIB menjelang Subuh, setelah sejak Rabu kemarin tertutup material longsor.

"Kita bersinergi TNI, Polri, BPBD, dan unsur terkait, serta masyarakat sekitar melaksanakan pembersihan puing material longsor yang ketinggiannya 5 meter dengan panjang 25 meter," jelasnya.

Meskipun sudah dapat dilalui kendaraan, namun demi kelancaran evakuasi, tim gabungan berkoordinasi dengan Polsek Simpenan agar jalur menuju Kiara Dua tersebut kembali ditutup atau dialihkan sementara untuk mempermudah proses evakuasi sisa material longsor.

BACA JUGA: Cek Pengalihan Arus Roda 4 atau Lebih Akibat Longsor di Simpenan Sukabumi

"Karena kalau gak kita tutup pekerjaan kita terhambat, mobil dan motor pengen cepat masuk sehingga alat berat nanti gak bisa bekerja," terangnya.

Budi sendiri terus melakukan imbauan dan arahan kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas jalur tersebut untuk selalu waspada dan berhati-hati, mengingat jalur Simpenan - Kiara Dua masih rawan bencana tanah longsor.

"Karena di sekeliling jalan ini tebing semuanya dan informasi dari BMKG rawan potensi longsor. Untuk itu faktor keamanan dan kenyamanan, siapapun yang ada di sini selalu diperhatikan. Termasuk warga sekitar sini kalau memang cuaca lagi ekstrem agar segera meninggalkan tempat tinggalnya dan mengungsi ke tempat yang lebih aman," tandasnya.

Pantauan di lapangan, hingga pukul 10.20 WIB petugas gabungan TNI/Polri dan BPBD masih membersihkan material longsor diselingi dengan buka tutup kendaraan yang terlanjur lewat ke simpamg tiga Loji - Palangpang dan Kiara Dua.

Sebelumnya diberitakan, bencana longsor terjadi di Kampung Cimapag RT 18/12 Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/12/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich