Light Dark

Jadi Tontonan, Kerabat Bunga Bangkai di Nagrak Sukabumi Tumbuh Empat Sekaligus

Sukabumi | 02 Dec 2020, 18:22 WIB

Jadi Tontonan, Kerabat Bunga Bangkai di Nagrak Sukabumi Tumbuh Empat Sekaligus

Sukabumi | 02 Dec 2020, 18:22 WIB
Kerabat bunga bangkai, Suweg (Amorphophallus paenoniifolius) tumbuh di sekitar rumah warga Kampung Jelegong RT 01/03 Desa Balakembang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kerabat bunga bangkai, Suweg (Amorphophallus paenoniifolius) tumbuh di sekitar rumah warga Kampung Jelegong RT 01/03 Desa Balakembang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Penemuan tumbuhan jenis umbi-umbian itu mengeluarkan bau mirip bau bangkai hingga sempat membuat warga heboh.

Pemilik rumah, Ikbal Tanu Saputra mengatakan, awalnya iya tak menduga bahwa tanaman yang tumbuh di sekitar rumahnya itu merupakan kerabat bunga bangkai. Ia mengira yang tumbuh di sekitar rumahnya itu hanya tumbuhan liar. 

"Awalnya sekitar satu minggu lalu, saya kira apa. Lama-kelamaan muncul bunga itu, saat itu saya kurang paham bunga apa. Setelah saya mencari tahu di internet ternyata itu (kerabat) bunga bangkai," terangnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (2/12/2020).

BACA JUGA: Bau Bangkai Menyeruak, Suweg Mekar di Halaman Rumah Warga Cikembar Sukabumi

Ikbal menuturkan, saat ini tumbuhan itu tumbuh sebanyak empat tangkai di halaman rumahnya. Tumbuhan itu membuat warga di sekitar kampung penasaran, sehingga berbondong-bondong mendatangi rumahnya.

"Tingginya 50 cm dan lebarnya 40 cm. Ada satu yang sudah mekar dan itu mengeluarkan bau. Tidak menganggu sih, malah jadi tontonan warga, banyak orang penasaran. Ketambah sekarang lagi musim bunga jadi kadang orang yang penasaran itu karena bunganya aneh," tandasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

SYAHRUL HIMAWAN

Reporter