Light Dark

Kabar Penghuni Rumah Panggung di Cipareang Sukabumi yang Tertimbun Longsor

Sukabumi | 02 Dec 2020, 14:04 WIB

Kabar Penghuni Rumah Panggung di Cipareang Sukabumi yang Tertimbun Longsor

Sukabumi | 02 Dec 2020, 14:04 WIB
Penampakan rumah di Kampung Cipareang RT 05/03 Desa Cikarang, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi yang tertimpa longsor pada Senin (30/11/2020) sekira pukul 02.00 WIB. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras menyebabkan sebuah tebing setinggi kurang lebih 2-3 meter di Kampung cipareang RT 05/03 Desa Cikarang, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi longsor dan menimpa rumah yang berada di bawahnya.

Peristiwa yang terjadi pada Senin (30/11/2020) sekira pukul 02.00 WIB ini mengakibatkan rumah panggung berukuran 6x9 meter milik pasangan Suparman (75 tahun) dan Osoh (65 tahun) rusak pada bagian dapur akibat tertimbun material longsor.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rumah yang terbilang telah berusia tua ini dihuni oleh lima jiwa, di mana dua di antaranya masih duduk di bangku sekolah dan satu orang mengalami disabilitas.

BACA JUGA: Pergerakan Tanah Picu Tebing di Cimanggu Sukabumi longsor dan Tutup Jalan Desa

"Tertimbun bagian dapur oleh longsoran tanah di halaman rumah yang di atas," ucap Kepala Desa Cikarang Asep Yudis kepada sukabumiupdate.com, Rabu (2/12/2020).

Asep menutrukan, sejak Selasa kemarin material longsor telah dibersihkan dari rumah Suparman dengan cara gotong royong warga setempat. Saat ini rumah tersebut masih ditempati, namun diingatkan agar selalu waspada terutama saat turut hujan.

"Memang kondisi rumahnya sudah tua dan kami sudah masukan dalam program perbaikan rutilahu (rumah tidak layak huni)," ungkapnya. Peristiwa ini pun telah dilaporkan oleh Asep kepada BPBD Kabupaten Sukabumi.

"Rumah juga masih bisa ditempati karena yang mengalami kerusakan pada bagian dapur. Namun memang bagian tengah rumah juga kena dampak tetapi tidak ambruk," terang Asep. "Taksiran kerugian Rp 15 juta," pungkasnya menambahkan.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter