Menu

28 Sep 2020, 18:59 WIB

Desa Cisaat Cicurug Laporkan 30 Hektar Sawah Rusak Diterjang Banjir Bandang Sukabumi

Tangkapan layar dari video yang tersebar di jejaring Facebook saat sejumlah warga di Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi tengah membenarkan saluran air. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Cisaat menjadi salah satu desa di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, yang terdampak banjir bandang pada Senin (21/9/2020) lalu.

Kepala Desa Cisaat, Nanak Sukron mengatakan, banjir bandang tersebut mengakibatkan sejumlah bangunan rumah, fasilitas umum, dan lahan persawahan yang digarap petani rusak. Lahan persawahan yang rusak tersebut disebabkan oleh aliran Sungai Cicatih yang meluap.

"Lahan sawah seluas 30 hektar siap panen terendam. Sehingga petani mengalami kerugian karena gagal panen," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (28/9/2020).

Nanak menuturkan, selain lahan persawahan, dua jembatan penghubung antar kampung di desanya juga tergerus banjir bandang. Alhasil, aktivitas warga di kedua kampung tersebut mengalami kelumpuhan.

BACA JUGA: Siapa dan Tugas Panitia Lokal? Setelah Tanggap Darurat Banjir Bandang Sukabumi Berakhir

"Kedua jembatan itu memiliki panjang 10x2 meter. Merupakan akses penghubung antar Kampung Cipari dengan Kampung Legok Picung," terang Nanak.

Berdasarkan laporan yang diterima, bangunan yang rusak akibat banjir bandang di wilayah itu tercatat sebanyak tiga rumah rusak sedang dan satu musala rata dengan tanah. 

Nanak mengatakan, saat ini warga tengah bergotong royong membangun saluran air yang rusak dan membutuhkan sejumlah pipa.

"Saat ini yang di butuhkan pipa paralon ukuran 1 1/2 inch sebanyak 200 batang dan PVC ukuran 2 inch sebanyak 20 batang, serta 200 pcs kawat bronjong," tandasnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan akan melakukan pemeriksaan kelengkapan data dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS. Pada Minggu 1 November 2020, peserta...

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil seleksi penerimaan CPNS 2019 akhirnya resmi diumumkan serentak pada, Jumat, 30 Oktober 2020. Dari kuota 254.173 orang yang dibuka sejak awal, tidak semuanya berhasil terisi. "Ada beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya