Light Dark

Pengunjung Karanghawu Sukabumi Temukan Penyu di Bibir Pantai

Sukabumi | 30 Aug 2020, 11:29 WIB

Pengunjung Karanghawu Sukabumi Temukan Penyu di Bibir Pantai

Sukabumi | 30 Aug 2020, 11:29 WIB
Penyu yang ditemukan di sekitar objek wisata Pantai Karanghawu Kebon Kalapa, Desa/ Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/8/2020) malam Reporter : Nandi. | Istimewa

SukabumiUPDATE.com - Pengunjung di sekitar objek wisata Pantai Karanghawu Kebon Kalapa, Desa/ Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, dikagetkan dengen kemunculan seekor Penyu, Sabtu (29/8/2020) sekira pukul 21:00 WIB. Penyu tersebut ditemukan di bibir pantai

Keberadaan Penyu tersebut sontak menjadi tontonan pengunjung yang sedang menikmati libur akhir pekan. Bahkan, banyak pengunjung yang mengabadikan momen tersebut dengan berfoto selfie.

"Waktu ke pinggirnya tidak ketahuan, pas ketahuannya sekitar pukul 21.00 WIB, saat penyu berjalan dari pantai ke arah laut. Banyak pengunjung yang liat, bahkan sempat diabadikan sama pengunjung," ujar petugas Balawista Kabupaten Sukabumi Doni Ronaldo, Minggu (30/8/2020).

BACA JUGA: Bangkai Penyu Hijau dengan Usus Terburai Terdampar di Pantai Cibanteng Sukabumi

Doni menjelaskan, jarak antara titik ditemukan penyu dari daratan ke bibir laut sekitar 30 meter. Warga sekitar menduga penyu tersebut bergerak ke daratan karena hendak bertelur. Namun karena kondisi di sekitar pantai ramai pengunjung, membuat hewan laut yang memiliki lebar sekitar 30 sentimeter tersebut ketakutan dan kembali ke laut.

"Kata warga di sini kayaknya si penyu ke pinggir mau bertelur, karena banyak orang tidak jadi. Nah setelah di foto sama pengunjung, penyu dikembalikan lagi ke air, kami dari Balawista mengawasi sampai penyu tersebut masuk air dan hilang dari pandangan," jelas Doni.

Sementara itu, Surya, yang juga Anggota Balawisata Kabupaten Sukabumi menambahkan, saat penyu ditemukan, kondisi ombak di Pantai Karanghawu Kebon Kalapa sedang surut.

"Saya sempat melihat dari jarak jauh seperti penyu menyisir ke tepi pantai. Saya pikir itu bukan penyu, nah setelah ramai pengunjung pada melihat saya juga menghampiri ternyata memang itu penyu," timpalnya.

"Selanjutnya penyu dari tepi pantai oleh penjaga pantai dan wisatawan yang ada di Karanghawu Kebon Kelapa melepaskan lagi ke pantai agar tetap hidup dan berkembang biak," tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kemunculan penyu tersebut menjadi tak biasa karena di lokasi Pantai Karanghawu Kebon Kalapa tidak pernah ditemukan penyu sebelumnya.

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

NANDI

Reporter