Menu

03 Jul 2020, 13:30 WIB

Tongkang Pengangkut Batu Bara Keluarkan Asap di Perairan Palabuhanratu

Proses pendinginan setelah asap membumbung tinggi dari tongkang berisi batu bara di perairan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/7/2020) siang. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Asap pekat membumbung dari tongkang pengangkut batu bara yang sedang ditarik kapal di tengah perairan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/7/2020).

Peristiwa yang dialami kapal tongkang tug boat KM JOHAN JAYA 109 itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Adapun lokasi tepatnya tongkang mengeluarkan asap ini kurang lebih 2 Mil dari pintu masuk dermaga PLTU.

BACA JUGA: Tongkang Batubara Karam Kotori Pantai Cipatuguran, PLTU Palabuhanratu Beri Jawaban

Batu bara yang saling bergesekan ditambah panas terik matahari diduga menjadi pemicu menimbulkan bara api ditumpukan batu tersebut. 

Jajaran kepolisian air dan udara (Polairud) Polres Sukabumi yang sedang melakukan patroli laut rutin langsung membantu memadamkan kepulan asap dari tongkang tersebut. 

BACA JUGA: Berulang Kali Tongkang Karam, Begini Reaksi Nelayan Pantai Cipatuguran Palabuhanratu

Kasat Polair Polres Sukabumi AKP Tri Andri Affandi mengatakan, pemadaman bara api di bagian tongkang itu memakan waktu kurang lebih satu jam. Tepatnya sekitar pukul 10.30 WIB bara api dapat dipadamkan berkat kerjasama Polairud Polres Sukabumi dan tim dari kapal Tongkang.  

"Tidak ada korban jiwa, saat ini sedang dilakukan pendinginan oleh tim," tandasnya.

BACA JUGA: Penampakan Batubara Kotori Pantai Cipatuguran Palabuhanratu, Dampak Tongkang Karam

Andri mengatakan, tindakan cepat dilakukan agar kebakaran yang terjadi di tumpukan batu bara itu tidak membuat masyarakat dan nelayan panik. 

"Kalau dibiarkan khawatir kepulan asap akan menjadi kobaran api dan kebakaran yang bisa mencemari laut dan nelayan resah," jelasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Jelang MotoGP Ceko 2020, Valentino Rossi siap memecah rekor baru. Kira-kira rekor apalagi nih? Pembalap Monster Energy berpotensi untuk menjadi pembalap pertama yang meraih 200 podium di kelas...

SUKABUMIUPDATE.com - Manchester City dilaporkan akan mendatangkan setidaknya lima pemain selama bursa transfer musim panas dan ingin merampungkan aktivitas jual beli pemain di awal musim baru pada 12 September,...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Riki Fahmi Mubarok melalui Kanit Laka Iptu Nandang Herawan mengatakan, tak ada pengalihan arus akibat dampak perbaikan jembatan tersebut.  "Tidak ada pengalihan arus, tapi...

SUKABUMIUPDATE.com - Ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, pada hari Selasa kemarin. Saking besarnya, ledakan di Beirut terasa hingga jarak 150 mil (240 kilometer) dari lokasi kejadian. Melansir Tempo.co,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya