Kasus Positif Covid-19 Pertama di Ciracap Sukabumi, Mantan TKW Kategori OTG

Jumat 19 Juni 2020, 07:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi mengkonfirmasi kasus positif covid-19 pertama. Perempuan 35 tahun berinisial H, mantan pekerja migran (tenaga kerja wanita) yang tinggal di Desa Pasirpanjang menjalani karantina di RSUD Jampang Kulon setelah terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil swab test PCR terakhir.

Perempuan ini mulai menjalani karantina di rumah sakit sejak hari Kamis kemarin tanggal 18 Juni 2020. Sebelumnya H menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan ketat gugus tugas kecamatan karena memiliki riwayat perjalanan luar negeri (Abu Dhabi), sempat kontak dengan TKI yang terpapar covid-19 saat transit di Hongkong, dan riwayat rapid test IgM Non reaktif dan IgG reaktif.

Kepada sukabumiupdate.com Jumat (19/6/2020) Camat Ciracap Deden Sumpena membeberkan riwayat kasus pertama positif covid-19 di wilayah yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Sukabumi ini. “Ini hasil tracing dari tim kesehatan gugus tugas setelah mendapatkan informasi hasil rapid test dari rumah sakit umum daerah Cengkareng Jakarta,” ujar Deden.

Dari sana terungkap kronologis perjalanan H ke Jakarta pada tanggal 2 Juni 2020 untuk menjadi asisten rumah tangga (ART). Karena pemilik rumah berprofesi sebagai Tenaga Kesehatan (Nakes), H kemudian dibawa untuk melakukan pemeriksaan rapid tes di RSUD Cengkareng, sebagai syarat utama untuk bisa bekerja sebagai ART.

BACA JUGA: Kontak Dengan TKI Positif Covid-19 di Hongkong, Perempuan Asal Ciracap Sukabumi Dikarantina

“Hasilnya IgM Non reaktif dan IgG reaktif. Calon majikannya ingin pengecekan lebih lanjut (swab test), namun H menolak dan akhirnya meminta pulang. Ini pengakuan dari rekan perempuan tersebut kepada tim gugus tugas yang langsung ditindaklanjutin dengan meminta H dan keluarganya melakukan isolasi mandiri di rumah,” lanjut Deden.

Pada tanggal 4 Juni 2020, sambung Deden, kepada petugas Puskesmas Ciracap, bersama satgas covid-19 kecamatan dan desa, melakukan rapid tes serta edukasi protokol kesehatan dengan H dan keluarganya. Dari sana, H kemudian membeberkan cerita bahwa ia belum lama pulang bekerja sebagai TKI dari Abu Dhabi sekira bulan April 2020.

H Juga menuturkan saat perjalanan pulang kampung menggunakan pesawat ia sempat transit di Hongkong. “Disana ia bertemu dengan TKI lainnya yang bekerja di Taiwan yang menurutnya positif Covid 19. Ini hanya pengakuan tidak ada bukti lainnya, namun Satgas meminta H uji swab PCR, walaupun kondisi umum H sehat atau tidak menunjukkan gejala sakit atau orang tanpa gejala (OTG),” pungkas camat.

Hasil koordinasi satgas Covid Kecamatan Ciracap dan RSUD Jampang Kulon, maka uji PCR swab test pada tanggal (5/6/2020). Menurut Deden, hasil swab pertama ini negatif, namun H tetap harus melakukan isolasi mandiri dengan protokol kesehatan ketat sambil menunggu jadwal swab test kedua.

Pada tanggal 16 Juni 2020 uji PCR kedua dilakukan dan hasilnya positif covid-19. Hasil diterima Puskesmas Ciracap dari pihak RSUD Jampang Kulon, pada tanggal 17 Juni 2020) pukul 14.00 WIB.

BACA JUGA: Update 18/6/2020: Kabupaten Sukabumi, Lansia 60 tahun Asal Cicantayan Sembuh dari Covid-19

“Kami bermusyawarah untuk teknis penanganannya. Keputusannya H harus menjalani karantina medis di RSUD Jampang Kulon. Pada tanggal 18 Juni 2020, pukul 08.00 WIB, kami jemput dan antar ke RSUD Jampang Kulon," tandasnya.

Menurut Deden, Satgas kecamatan dan desa langsung bergerak. Tracing pada orang-orang yang pernah kontak erat dengan H dan keluarganya. “Kami awasi ketat isolasi mandiri yang dilakukan keluarganya, juga menyalurkan bantuan untuk keluarga selama menjalani masa isolasi mandiri. Juga steriliasi kawasan terdekat.”

Camat Ciracap berharap, H dapat menjalani karantina medisnya dengan baik dan segera dinyatakan sembuh atau negatif corona pada swab test berikutnya. “Kami sudah laporan ke gugus tugas kabupaten, untuk status Ciracap saat ini apakah kuning atau merah yang menentukan nanti level kabupaten. Kita siap melakukan intruksi gugus tugas kabupaten, provinsi dan pusat,” pungkas Deden.

Kecamatan Ciracap sendiri berdasarkan data gugus tugas covid-19 Kabupaten Sukabumi selama ini masih di level zona hijau. Data Kamis kemarin, tercatat hanya ada sejumlah ODP (orang dalam pemantauan) di Ciracap yang masih dalam pemantauan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).