Operasi Selesai, Ibu yang Tubuhnya Kena Adonan Gula Merah Panas Pulang ke Surade Sukabumi

Selasa 16 Juni 2020, 14:36 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Juansah (50 tahun) ibu yang tubuhnya melepuh akibat kena adonan gula merah panas, akhirnya pulang ke Surade setelah menjalani operasi bedah mulut di RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi, pada Rabu (10/6/2020) lalu. 

Sebelum pulang, Juansah warga Kampung Cimareme RT 02/04, Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi itu melakukan kontrol pada Selasa (16/6/2020). 

"Alhamdulillah, Bu Juansah, diperiksa langsung oleh dokter bedah plastik, Aryanto Z. Habibie dan dilayani dengan baik. Kami sangat mengapresiasi dan bangga, karena pelayanan serta dedikasi (tim medis) yang sangat baik dan rasa sosialnya tinggi," ujar salah satu pendamping dari relawan Jampe, UJ Sukma Wijaya, kepada sukabumiupdate.com.

Uj mengungkapkan, setelah menjalani operasi pada Rabu (10/6/2020) lalu, Juansah tidak pulang ke Desa Sukatani, tapi kita bawa ke rumah singgah Yayasan Adz-Dzakiroh miliknya Ustazd Nana Wijaya, di Jalan RA Kosasih Nomor 22, Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi untuk memudahkan kontrol pada Selasa ini. 

BACA JUGA: 10 Tahun Tubuhnya Kena Adonan Gula Panas, Ibu di Surade Sukabumi Ingin Dioperasi

Uj mengungkapkan, selama tinggal di rumah singgah itu, Juansah merasa nyaman. 

"Alhamdulillah difasilitasi dengan baik dan kondisi rumah singgah yang nyaman. Mudah-mudahan ini jadi amal yang baik dan dibalas oleh Allah SWT, terimakasih juga kami sampaikan untuk seluruh donatur dan teman teman relawan," paparnya.

Menurut Uj, Juandasah dibawa pulang ke rumahnya dengan menggunakan ambulance milik Darut Tauhid Sukabumi, Juansah akan kontrol kembali dipertengahan Juli. Kontrol dilakukan untuk persiapan karena Juansah akan kembali menjalani operasi di bulan Agustus mendatang.

BACA JUGA: 10 Tahun Cacat Luka Bakar, Komunitas Bawa Warga Surade Sukabumi ke Rumah Sakit

 Operasi kedua, kata Uj dilakukan dibagian hidung. "Operasi pertama ke bagian mulut untuk melebarkan bagian lubang dimulut, supaya alat bius bisa masuk ke mulut untuk proses operasi ke bagian hidung," jelasnya.

"Kami semua tak akan lelah, mendampingi membantu secara bersama-sama, bahu membahu, karena kami percaya bahwa masih banyak orang orang baik, rasa sosialnya tinggi untuk membantu siapa saja. Kami dari relawan Jampe dengan satu motto hidup adalah Udunun (Gotong Royong), berupaya membantu sesama," pungkasnya.

Kondisi yang dialami Juansah ini terjadi 10 tahun lalu saat tengah mengandung anak keempatnya. Saat itu, Juansah mengalami kecelakaan yaitu tersiram adonan gula merah panas yang tengah dimasak di tempat pengolahan.

BACA JUGA: Kabar Terbaru Balita Tumor Mata Asal Kabandungan Sukabumi, Terkendala Biaya Transportasi

 Keluarga Juansa adalah pengrajin gula merah kelapa yang menjadi penghasilan utama. "Saat saya mau memindahkan wajan besar berisi adonan gula mendidih untuk dicetak, tubuh saya yang lagi hamil tua tak mampu angkat wajan besar berisi adonan gula panas itu. Badan tak seimbang, akhirnya wajah dan tangan saya tersungkur dan masuk ke wajan berisi adonan gula panas," ujar perempuan ini mengulangi ceritanya.

Saat itu ia dihadapkan pada dua pilihan. Menyelamatkan tangan dan wajah saya atau perut yang tengah hamil tua. "Saya pilih membungkukan badan ke depan untuk menyelamatkan anak yang ada dalam perut saya. Alhamdulilah anak keempat saya lahir dalam keadaan sehat. Wajah tangan dan sekujur tubuh sejak saat itu tidak berfungsi, karena luka bakar ini," sambungnya.

Karena luka bakar itu, hanya ada sedikit lubang dimulut Juansah dan lubang itu digunakan untuk makan. Sehingga nasi atau makanan lainnya mesti dibuat kecil agar muat ke lubang mulut Juansah. 

Kemudian akhir-akhir ini Juansah mulai kesulitan bernafas, maka dari itu ia ingin sekali menjalani operasi. Namun dirinya harus menerima kenyataan tidak memiliki biaya untuk operasi itu.

Keinginan Juansah ini kemudian terdengar oleh sejumlah relawan dan komunitas di Sukabumi. Mereka yang peduli kemudian mengumpulkan donasi sejak beberapa bulan ke belakang hingga Juansah dioperasi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi19 April 2024, 09:30 WIB

8 Panduan Sederhana untuk Bisnis Online Pemula, Jangan Lupa Riset Pasar!

Bisnis online dapat dijalankan dengan cara membuat toko online, memasarkan produk melalui marketplace, atau menawarkan jasa melalui situs web atau platform online lainnya.
Ilustrasi. Bisnis online. Sumber : pixabay/janeb13
Sehat19 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. Sumber: Freepik/freepik
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 08:38 WIB

DPRD Minta DLH Pikirkan Solusi Soal Masalah Sampah di Sagaranten Sukabumi

Menurut Budi, masalah sampah bukan hanya terjadi di Kecamatan Sagaranten.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. | Foto: SU
Life19 April 2024, 08:19 WIB

Cukup 4 Bahan, Asam Urat Minggat! Yuk Bikin Minuman Herbal Ala Zaidul Akbar

Asam urat memiliki gejala yang membuat persendian nyeri saat kambuh.
Resep minuman herbal cuma 4 bahan untuk atasi asam urat ala Zaidul Akbar. | Foto: Freepik.com/8foto
Life19 April 2024, 08:12 WIB

Asam Urat Kambuh Setelah Lebaran? Bikin Minuman Herbal Sederhana Ala Zaidul Akbar Ini

Penyakit asam urat yang kambuh setelah lebaran pasti membuat Anda tidak nyaman dan tubuh terasa tidak enak.
Resep minuman herbal sederhana ala Zaidul Akbar yang dapat meredakan asam urat saat kambuh. | Foto: Freepik.com/jcomp
Sehat19 April 2024, 08:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Gula Darah

Sobat Sehat Merapat! Yuk, Ketahui Apa Saja Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah.
Bola Sarden. Olahan Ikan. | Contoh Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Berlebihan oleh Penderita Gula Darah. Foto: YouTube/MamaSuka Indonesia
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU