Light Dark

Tiga Pohon Tumbang Sekaligus, Jalan Palabuhanratu-Cisolok Sempat Tertutup

Sukabumi | 05 Jun 2020, 18:45 WIB

Tiga Pohon Tumbang Sekaligus, Jalan Palabuhanratu-Cisolok Sempat Tertutup

Sukabumi | 05 Jun 2020, 18:45 WIB
Petugas memotong pohon yang tumbang di ruas jalan Palabuhanratu-Cisolok, tepatnya di Jalan Raya Cisukawayana Km 07 Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (5/6/2020) petang. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Arus lalu lintas di Jalan Raya Cisukawayana Km 07 Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi sempat terganggu akibat tiga Pohon Tumbang sekaligus, Jumat (5/6/2020) petang.

Pohon yang tumbang di ruas jalan nasional Palabuhanratu - Cisolok tersebut adalah dua Mahoni dan satu Kihiang. Pohon diketahui sudah lapuk dimakan usia. 

BACA JUGA: Pohon Tumbang di Pusat Kota Palabuhanratu, Gerobak Teh Poci Hancur Tertimpa

Ketua Forum Komunikasi Sar Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidik mengatakan, Pohon Tumbang sekitar pukul 17.00 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena saat itu jalanan sedang sepi.

"Pohon jenis Kihiang sudah berumur tua meski situasi angin sedang normal tapi karena tidak tahan akhirnya tumbang dan menimpa dua pohon jenis Mahoni, akhirnya karena tidak kuat menahan beban tiga tiganya ambruk memotong jalan. Jadi ada tiga pohon yang tumbang akibat saling menyangga," ungkapnya.

BACA JUGA: Kekeringan, Pohon Mahoni di Cangehgar Palabuhanratu Tumbang

Lebih lanjut Okih menjelaskan kejadian pohon tumbang tersebut merupakan yang kedua kali pada hari ini. Karena sebelumnya pada Jumat siang sekitar pukul 11.00 WIB, dahan pohon Kihiang yang tumbang sudah lebih dulu patah. 

"Ini kejadian kedua setelah tadi siang terjadi (dahan) pohon tumbang (yang) masih di lokasi yang sama," jelasnya.

BACA JUGA: Pohon Tumbang di Cisarakan Sukabumi, Jalur Palabuhanratu-Cikidang Sempat Tertutup

Menurut Okih, pohon Kihiang dan pohon Mahoni yang tumbang panjangnya rata-rata kurang lebih 15 meter, dan diameter sekitar 1 sampai 1,5 meter. Adanya kejadian tersebut membuat arus lalu lintas sempat terhenti beberapa menit, namun setelah tim gabungan dari Damkar, Kodim 0622, BPBD, Forkopimcam Cikakak melakukan evakuasi pohon, arus lalu lintas kembali normal.

"Alhamdulillah setelah tim evakuasi dan melakukan pemotongan dengan menggunakan mesin pemotong akses jalan kembali normal," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI

Reporter