Ganti Perangkat Desa Usai Pilkades? Kades Kalibunder Sukabumi Diingatkan Soal Aturan

Rabu 15 Januari 2020, 04:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Camat Kalibunder Chaerul Ichawan mengingatkan desa-desa yang sudah menggelar Pilkades serentak 2019 di Kecamatan Kalibunder tidak serta merta mengganti perangkat desa. Chaerul menegaskan ada aturan soal yang mengatur hal tersebut. 

Pernyataan Chaerul ini menanggapi soal kabar adanya pergantian perangkat desa di Desa Kalibunder. Adapun di kecamatan ini, tiga desa yang sudah menggelar Pilkades serentak yaitu Cimahpar, Desa Balekambang dan Desa Kalibunder. Chareul menyatakan hingga saat ini tidak ada pergantian perangkat desa. 

BACA JUGA: Kades Mekartanjung Sukabumi Berhentikan Perangkat Desa Tanpa Alasan

Chaerul menyatakan, untuk pergantian perangkat desa harus berpedoman pada Peraturan Bupati (Perbup) Sukabumi Nomor 101 tahun 2016. Adapun pada Selasa (14/1/2020), Kepala Desa (Kades) Kalibunder mengajukan rotasi jabatan sebanyak dua orang perangkat desa. 

"Hari ini perangkat itu masih tetap eksis, tidak yang lama dan yang baru karena memang tidak ada perubahan. Adapun kemarin, pak kades berkonsultasi mengajukan rotasi jabatan dua orang (perangkat), itu rotasi jabatan (perangkat) itupun sudah dikonsultasikan dan memang memungkinkan. Hanya untuk pengangkatan harus ada proses pemberhentian, di Perbup itu kan jelas perangkat berhenti karena ada tiga alasan, meninggal dunia, mengundurkan diri secara sukarela secara pernyataan tertulis bermaterai cukup, dan diberhentikan," ungkapnya.

BACA JUGA: Bakal Setara PNS Golongan IIA, Perangkat Desa se-Kabupaten Sukabumi Pilih Ketua PPDI

"Diberhentikan ini banyak poin-poinnya, kenapa sampai diberhentikan oleh kades. Dan kades tidak serta merta bisa diberhentikan karena harus dikonsultasikan kepada camat, karena untuk pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa melalui SK kades berdasarkan rekomendasi dari camat," jelasnya.

Chaerul, menyatakan pemerintah kecamatan terus melakukan langkah-langkah pembinaan dengan Muspika, termasuk sudah mengirimkan dua kali surat himbauan kepada Desa Cimahpar, Desa Balekambang dan Desa Kalibunder, yang sudah melaksanakan Pilkades serentak.

BACA JUGA: Dugaan Perangkat Desa Jadi Timses, Bawaslu Kabupaten Sukabumi Kurang Barang Bukti

"Termasuk terakhir saya lampirkan surat edaran Bupati Sukabumi tentang pedoman bagi para kepala desa terpilih dalam mengangkat atau memberhentikan perangkatnya," tegasnya.

Dari pengamatan Chaerul, pergantian perangkat desa biasanya berdasarkan kepada alasan, baik kinerja perangkat desanya yang kurang atau ketidaknetralan dalam Pilkades. Untuk ketidaknetralan perangkat desa pada saat Pilkades, Chaerul menegaskan, hal itu harus dibuktikan. 

BACA JUGA: Biar Melek IT, Perangkat Desa Tenjoayu Sukabumi Dilatih Buat Website

"Kami sudah keliling bersama muspika adapun masalah alasan kinerja dorongan dari masyarakat, sudah menyarankan kepada kepala desa untuk menegur dan mengingatkan kepada perangkat, begitupun dengan ketidaknetralan itu harus ada pembuktian," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang perangkat Desa Kalibunder yang sudah mengajukan pengunduran diri mengatakan sebanyak 12 perangkat desa kini sudah ada penggantinya dan hanya tiga perangkat desa yang masih berada di Desa Kalibunder yaitu Sekdes, Kesos dan Kasi Perencanaan.

BACA JUGA: Pemdes Cijurey Gegerbitung Sukabumi Bagikan Insentif Perangkat Desa

Para perangkat desa pengganti itu merupakan orang-orang bawaan Kades Kalibunder yang baru terpilih.

Para perangkat pengganti perangkat desa yang dulu itu datang pada Senin 16 Desember 2019 tiga hari setelah kades baru dilantik. Saat itu datang dua orang (pengganti). Lalu pada Selasa 17 Desember 2019, datang seluruh perangkat desa pengganti tersebut.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)